Jangan Diabaikan, Ini Resiko Jika Biarkan Rantai Motor Terlalu Kencang atau Kendor

Jangan Diabaikan, Ini Resiko Jika Biarkan Rantai Motor Terlalu Kencang atau Kendor

Jangan Diabaikan, Ini Resiko Jika Biarkan Rantai Motor Terlalu Kencang atau Kendor --

RADARUTARA.ID- Rantai motor yang terlalu kendor ataupun terlalu kencang bisa menyebabkan hal fatal, oleh sebab itu hal ini tidak boleh diabaikan.

Jika rantai motor yang terlalu kencang ataupun kendor makan akan membuat rantai motor menjadi mudah putus, oleh sebab itu hal ini harus dihindari karena bisa membahayakan para pengendara.

Jika kalian menggunakan motor dengan tenaga penyaluran dari mesin ke roda dengan mengunakan rantai ada beberapa hal yang wajib diketahui 

Selain mempengaruhi kenyamanan saat berkendara tentunya rantai motor yang kelewat kencang ataupun kendur juga sangat membahayakan keselamatan.

"Jika rantai kelewat kendur maka bisa terlepas dari gir nya ketika motor dikendarai," ujar Jon mekanik di kota Bengkulu.

BACA JUGA:Tinggalkan Kesan Lawas, Ini Tips Modifikasi Motor Yamaha Fiz R Agar Terlihat Kekinian

Diungkapkannya pula, jika rantai yang terlepas dari gir ketika motor dikendarai maka akan membuat roda terangkut dan terkunci.

"Bisa jatuh pengendaranya oleh sebab itu hal ini harus dihindari,gejala yang muncul adalah bunyi rantai lebih nyaring dibandingkan biasanya. Selain itu, saat ganti gigi atau deselerasi, akan muncul suara cetak-cetak yang nyaring juga," tambah Jon

Dikatakan Jon, jika sudah muncul gejala seperti itu, lebih baik cek kekencangan rantai di motor dan lakukan pengencangan jika kelewat kendur.

"Kalau rantai yang kelewat kencang itu gejala yang sering muncul itu timbul getaran kuat di footstep. Selain itu, performa mesin juga terasa turun kalau rantai kelewat kencang," tutunya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: