Laki-laki Suka Memakai Cincin Emas, Bagaimana Hukumnya dalam Islam? Begini Penjelasan Buya Yahya

Laki-laki Suka Memakai Cincin Emas, Bagaimana Hukumnya dalam Islam? Begini Penjelasan Buya Yahya

Laki-laki Suka Memakai Cincin Emas, Bagaimana Hukumnya dalam Islam? Begini Penjelasan Buya Yahya--

RADARUTARA.ID- Emas merupakan perhiasan yang sangat menarik mata dan memiliki harga yang cukup tinggi, tentu saja setiap kalangan baik yang muda ataupun yang tua laki-laki dan wanita semuanya menyukai Emas dan ingin memilikinya.

Tak jarang sebuah tindakan kejahatan akan terjadi oleh dilatarbelakangi karena kepemilikan emas. Selain itu manusia juga tidak segan-segan merusak alam hanya demi menemukan material ini. 

Di alam sendiri material ini cukup langka, akan ditempuh untuk menjadi perhiasan yang memiliki bentuk indah dan menarik mata tanda titik. Sehingga tak jarang baik laki-laki dan wanita tertarik menggunakan emas ini menjadi perhiasan.

Selain itu emas juga melambangkan sebuah kemapanan, hidup mewah, dan kekayaan seseorang. Sehingga orang-orang hebat dan memiliki harta yang banyak tentunya akan menggunakan barang ini. 

BACA JUGA:Bagaimana Hukumnya Lelaki Bertindik Melaksanakan Sholat? Sahkah Sholatnya? Begini Penjelasan Ulama

Lantas bagaimanakah Islam memandang seorang laki-laki yang gemar menggunakan perhiasan yang berbahan kan emas, berikut ini akan kita ulas bersama seorang ulama yang bernama KH Yahya Zainul Ma'arif atau yang jamaahnya akrab memanggil Buya Yahya.

Dalam salah satu kesempatan ceramahnya yang disiarkan melalui channel YouTube, Buya Yahya menyatakan dengan tegas bahwasanya seorang laki-laki yang sudah baligh termasuk tamyiz diharamkan untuk menggunakan emas, hal tersebut disampaikan berdasarkan kesepakatan para ulama. 

Larangan tersebut tentunya bukan tanpa alasan seperti yang disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadis yang diajarkan Dan disampaikan oleh sayyidina Umar yang tercantum di dalam sebuah hadis riwayat Bukhari dan Muslim.

“Diriwayatkan dari Umar, dia berkata, ‘Rasulullah SAW pernah membuat cincin emas, dan ketika memakainya meletakkan matanya di bagian dalam telapak tangannya, maka orang-orang juga membuat cincin emas

BACA JUGA:4 Motor Bebek Bekas Paling Tinggi Peminatnya di Tahun 2024, Harga Dibawah Rp10 Juta

Kemudian Rasulullah duduk di atas mimbar dan menanggalkan cincinnya sambil bersabda, ‘Sungguh aku telah memakai cincin ini dan aku letakkan matanya di perut telapak tangan.’

Lalu beliau membuang cincin itu sambil berkata, ‘Demi Allah aku tidak akan memakainya lagi selama-lamanya‘ maka orang-orang pun membuang cincin mereka.”

Nah itulah tadi penjelasan singkat yang diajarkan oleh Buya Yahya dalam kesempatan ceramahnya tersebut tentu, meskipun demikian seorang laki-laki muslim memang tidak diperkenankan menggunakan perhiasan yang berbahan emas dan, namun masih banyak lagi bahan-bahan yang lain yang tentunya cukup bagus dan indah bila dipandang mata.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: