Bukan Karena Trend, Ternyata Memelihara Jenggot Itu Hukumnya Sunnah dan Sangat Baik untuk Kesehatan

Bukan Karena Trend, Ternyata Memelihara Jenggot Itu Hukumnya Sunnah dan Sangat Baik untuk Kesehatan

Bukan Karena Trend, Ternyata Memelihara Jenggot Itu Hukumnya Sunnah dan Sangat Baik untuk Kesehatan--

RADARUTARA.ID- Dalam Islam terdapat sebuah sunnah bagi seorang laki-laki yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW, sunnah tersebut yaitu memelihara jenggot. memelihara jenggot memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan. Oleh sebab itulah sangat dianjurkan bagi laki-laki muslim untuk memanjangkan jenggot tersebut. Dijelaskan dalam sebuah buku yang berjudul ilmiah karya Abdul syukur Al Aziz ada sebuah hadis dari Ibnu Umar Ra Rasulullah SAW bersabda: "Berbedalah kamu dengan orang-orang musyrik, peliharalah jenggot dan cukurlah kumis." (HR. Bukhari).

Dalam hadis tersebut terdapat anjuran Rasulullah kepada setiap laki-laki muslim untuk memelihara jenggot, serta dalam hadis tersebut juga terdapat anjuran untuk senantiasa mencukur kumis. Hal tersebut merupakan sebuah pelajaran dan pendidikan bagi umat Islam agar memiliki kepribadiannya tersendiri yang tentunya berbeda dengan orang kafir secara lahir dan batin. 

Sementara itu dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh dr. Daniel G. Freeman, dari University of Chicago, Amerika Serikat. Dalam penelitiannya tersebut dilakukan terhadap mahasiswi pascasarjana, dalam penelitian itu menanyakan tentang perasaan terhadap pria yang memiliki jenggot. Sehingga mendapatkan hasil bahwa laki-laki memiliki jenggot memiliki tampilan yang lebih maskulin dan tampak lebih dewasa.

Dengan memelihara jenggot menjadi identitas tersendiri bagi seorang laki-laki muslim yang tentunya dapat membedakan antara laki-laki dan wanita muslim. Dalam sebuah kitab karya an-nawawi menjelaskan tentang larangan tentang jenggot yang berbunyi, "Para ulama menyebutkan sepuluh perkara yang terlarang berkaitan dengan hukum jenggot."

BACA JUGA:Ini Tips Modifikasi Honda Beat, Motor Keren dan Anti Boncos

Berikut beberapa perkara larangan tentang jenggot:

1. Menyemir jenggot dengan warna hitam, bukan dengan maksud berjihad.

2. Menyemir jenggot dengan warna kuning karena ingin disebut orang shalih, bukan karena ingin mengikuti sunnah Nabi .

3. Memutihkannya dengan belerang atau zat pemutih lainnya karena ingin terlihat lebih tua, agar dirinya diangkat menjadi pemimpin, ingin dihormati orang lain, atau ingin memberi kesan bahwa ia adalah sesepuh.

4. Mencabut atau mencukur jenggot yang mulai tumbuh karena ingin terlihat awet muda atau ingin terlihat lebih tampan.

5. Mencabut uban yang tumbuh di jenggot.

6. Menyusun jenggot menjadi ikatan di atas ikatan agar dinilai bagus oleh kaum wanita dan lainnya.

7. Menambah atau mencukur jambang, atau mencukur sebagian jambang, ketika mencukur kepala, mencabut rambut yang tumbuh di bawah bibir, dan lain-lain.

8. Menyisir jenggot dengan gaya terkini untuk menarik perhatian orang banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: