6 Doa yang Wajib Diamalkan Umat Islam untuk Mendatangkan Rezeki dari Arah yang Tak Terduga

6 Doa yang Wajib Diamalkan Umat Islam untuk Mendatangkan Rezeki dari Arah yang Tak Terduga

6 Doa yang Wajib Diamalkan Umat Islam untuk Mendatangkan Rezeki dari Arah yang Tak Terduga--

RADARUTARA.ID- Doa merupakan wujud rasa syukur seorang hamba terhadap Tuhannya, selain itu dengan berdoa merupakan bentuk komunikasi seorang hamba kepada Tuhannya. Amalan Doa juga sangat disukai oleh Allah SWT sebab seorang hamba merendahkan diri dan memohon kepada sang pencipta agar dilapangkan segala urusannya. Termasuk dalam urusan rezeki dan urusan yang lainnya. 

Rezeki memang datang dari Allah SWT namun kita dapat meminta dan memohon agar diperlancar rezeki tersebut, oleh sebab itulah ada beberapa doa yang dapat dipanjatkan seorang muslim untuk memohon agar kelancaran rezeki. Emang pada dasarnya rezeki seorang hamba telah diatur oleh Allah SWT, dan tidak akan mungkin tertukar pada orang lain seperti yang dijelaskan di dalam Alquran surah hud ayat ke-6 Allah berfirman:

Hal itu telah tertuang dalam Al-Qur'an surah Hud ayat 6. Allah SWT berfirman,

وَمَا مِنْ دَاۤبَّةٍ فِى الْاَرْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ

Artinya: "Tidak satu pun hewan yang bergerak di atas bumi melainkan dijamin rezekinya oleh Allah. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz)."

Dapat kita pahami dalam ayat tersebut alasannya Allah telah menjamin rezeki setiap makhlukNya yang ada di bumi bahkan untuk makhluk yang melata sekalipun. Tidak ada satupun makhluk yang luput dari pantauan Allah SWT dan tidak ada satupun yang tidak mendapatkan rezeki

BACA JUGA:Bacaan Doa dan Dzikir Ketika Ada Petir, Yuk Amalkan Saat Hujan Deras

Dalam sebuah buku yang berjudul 99 prinsip bisnis sukses ala Rasulullah yang ditulis oleh A.R shohibul ulum. Dijelaskan bahwasanya rezeki makhluk telah ditentukan oleh Allah SWT sejak ia masih di dalam rahim. Selain itu dalam sebuah buku yang berjudul mengetuk pintu rezeki yang ditulis oleh Irwan Kurniawan bahwasanya Allah SWT sudah menjamin rezeki setiap makhlukNya, akan tetapi rezeki tersebut harus dijemput dan tidak mesti datang sendiri.

Berarti harus ada usaha dari seorang hamba untuk memperoleh rezeki tersebut, sebab rezeki tidak semata-mata datang begitu saja tanpa usaha. Sebab setiap makhlukNya telah diberikan anugerah sebut saja seperti manusia yang diberikan akal dan kecerdasan untuk mengusahakan setiap rezeki. Sebagaimana di dalam Alquran telah dijelaskan dalam surah an-najm ayat 39 sampai 41 yang berbunyi: 

وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ . وَأَنَّ سَعْيَهُۥ سَوْفَ يُرَىٰ . ثُمَّ يُجْزَىٰهُ ٱلْجَزَآءَ ٱلْأَوْفَىٰ

Artinya: "Bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, bahwa sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya), kemudian dia akan diberi balasan atas (amalnya) itu dengan balasan yang paling sempurna."

Perlu diingat dan diperhatikan bahwa rezeki dalam hal ini bukan hanya sekedar kertas saja, namun rezeki dapat juga dalam bentuk kesehatan, kemudahan, kebahagiaan, bahkan sekedar rambut yang beruban pun termasuk rezeki dari Allah SWT. Sudah mestinya Kita berusaha untuk memperoleh rezeki tersebut namun di samping berusaha Kita juga harus mendekatkan diri dan memohon kepada Allah agar rezeki tersebut dilancarkan dan dipercepat. 

Nah untuk itulah terdapat beberapa doa yang dapat kita amalkan untuk kelancaran rezeki seperti yang tercantum di bawah ini diantaranya:

BACA JUGA:Oleh-Oleh Baru di Bengkulu, Menikmati Goreng Pisang Kipas yang Dipetik Langsung dari Enggano

Doa ke-1

اَللَّهُمَّ إِنَّهُمْ حُفَاةٌ فَاحْمِلْهُمْ، اَللَّهُمَّ إِنَّهُمْ عُرَاةٌ فَاكْسُهُمْ اللَّهُمإِنَّهُمْ حِيَاعٌ فَأَشْعُهُمْ

Allaahuma innahum hufaatun fahmilhum, allaahumma innahum 'uraatun faksuhun, allaahumma innahum jiyaa'un fa asybi'hum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: