Daftar 5 Negara dengan Harga BBM Termurah di Dunia, Ada yang Rp238 per Liter

Daftar 5 Negara dengan Harga BBM Termurah di Dunia, Ada yang Rp238 per Liter

Daftar 5 Negara dengan Harga BBM Termurah di Dunia, Ada yang Rp238 per Liter--

RADARUTARA.ID - Harga minyak mentah dunia sudah memijak di titik tertingginya sejak pertengahan tahun lalu dan cenderung berlanjut sampai 2024.

Hal ini berdampak langsung terhadap harga produk minyak bumi diantaranya seperti bensin dan solar. Di Indonesia contohnya, baik dari PT Pertamina (Persero) ataupun perusahaan swasta sudah menyesuaikan harga jual produknya.

Dibalik mahalnya harga bbm di Indonesia, ternyata ada 5 negara yang menjual BBM dengan harga termurah di dunia. Bahkan ada yang mencapai Rp 238 per liternya.

Penasaran negara mana saja yang menjual BBM dengan harga termurah di dunia? Berikut ini daftarnya.

BACA JUGA:Andaru Resmi Daftar ke PDI Perjuangan, Maju jadi Bakal Calon Bupati Bengkulu Utara

1. Venezuela

Negara di Amerika Selatan ini mempunyai cadangan minyak terbesar di dunia. Sehingga, walaupun sudab menjadi negara bangkrut dan dihantam oleh inflasi yang mencapai ratusan persen, harga BBM di negara ini masih menjadi yang paling murah di dunia.

Per tahun 2023, rata-rata harga bensin dengan nilai oktan 95 (RON 95) atau setara dengan Rp 238,15/liter. Harga solarnya juga sama, yaitu hanya Rp 238,15/liter.

2. Libya

Libya adalah negara jaya minyak di Afrika. Banyaknya komoditas tersebut bahkan sudah memicu konflik bersenjata selama bertahun-tahun.

Per tahun 2023, rata-rata harga bensin RON 95 atau cuma sekitar Rp 474,05/liter. Harga solarnya juga sama yakni Rp 474,05/liter.

BACA JUGA:Jika Ingin Awet Muda, Dokter Sarankan Kurangi Konsumsi 4 Makanan Ini

3. Iran

Negara Timur Tengah ini mempunyai sumber daya minyak yang cukup berlimpah dan konsisten sebagai salah satu negara yang memberikan harga bahan bakar termurah di dunia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: