Cuaca Ekstrem, BMKG Himbau Masyarakat di Daerah Rawan Bencana untuk Kembali Waspada

Cuaca Ekstrem, BMKG Himbau Masyarakat di Daerah Rawan Bencana untuk Kembali Waspada

Prakiraan BMKG terkait cuaca di Bengkulu--

RADARUTARA.ID - Beberapa hari terakhir provinsi Bengkulu memang tengah dilanda cuaca Ekstrem, oleh Sebab itu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu menghimbau masyarakat untuk lebih waspada. 

BMKG pun juga telah mengeluarkan peringatan terkait adanya cuaca ekstrem yang kemungkinan terjadi dalam beberapa hari kedepan.

Prakirawan BMKG Stasiun Fatmawati Bengkulu, Rahyu Meylansari, menuturkan, hujan dengan  intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan petir diperkirakan masih  akan terjadi.

Menurutnya hujan dengan intensitas yang cukup tinggi diperkirakan masih akan melanda beberapa wilayah yang ada di provinsi Bengkulu dalam rentang waktu seminggu kedepan pada periode siang hingga dinihari.

"Beberapa hari kedepan beberapa Wilayah di provinsi Bengkulu masih akan dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," ujarnya.

BACA JUGA:ESDM Provinsi Bengkulu Dukung Rencana Penertiban BBM Subsidi

Dijelaskannya pula, penyebab dari kondisi cuaca ekstrem ini adalah pertemuan angin konvergensi disertai labilitas dan kelembaban udara yang memicu pertumbuhan awan hujan.

"Dampak dari curah hujan yang tinggi, seperti longsor dan banjir, harus diwaspadai oleh masyarakat" tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: