Agar Tak Menyesal di Kemudian Hari, Ikuti Cara Menghapus Jejak Digital Berikut Ini

Agar Tak Menyesal di Kemudian Hari, Ikuti Cara Menghapus Jejak Digital Berikut Ini

Agar Tak Menyesal di Kemudian Hari, Ikuti Cara Menghapus Jejak Digital Berikut Ini--

Cara ini bisa dilakukan di semua browser yang digunakan dari Chrome sampai Firefox. Kalau tidak ingin mengikuti proses yang panjang dengan membersihkan satu per satu, maka gunakan alat pihak ketiga seperti Advanced System Optimizer untuk menghapusnya secara sekaligus.

4. Membatasi Pelacakan dari Aplikasi

Setiap aplikasi memiliki pendekatan yang sedikit berbeda untuk mencatat aktivitas penggunanya dan beberapa di antaranya akan membiarkan pengguna nyaman dengan incognito. Aplikasi lain akan berhenti melacak ketika pengguna memintanya.

Tetapi, sebagai langkah awal terbaik yaitu dengan memeriksa pengaturan untuk menghentikan pelacakan. Kalau tidak menemukan opsi yang ini, hapus semua aktivitas secara manual. Proses tersebut akan banyak macamnya tergantung pada sistem operasi yang dipakai.

BACA JUGA:Nelayan Diminta Daftar Kartu Kusuka, Ini Manfaat yang Akan Diterima

5. Menghapus Riwayat Pencarian

Untuk menghapus log pencarian dari ponsel, wajib menghapus catatan di banyak platform. Misalnya akun Google akan menyimpan riwayat pencarian yang dijalankan dari ponsel Android. Untuk menghapusnya, buka akses dari browser web dan buka laman riwayat aktivitas Google, kemudian hapus.

6. Menggunakan Layanan DeleteMe

Pengepul data misalnya seperti Spokeo, Whitepages.com, PeopleFinder merupakan beberapa nama yang sudah banyak dikenal dalam mengumpulkan informasi dan menjual ke pihak ketiga.

Untuk menghapusnya, pakailah layanan seperti DeleteMe atau Deseat.me yang akan membantu kamu dalam membersihkan jejak digital.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: