Berapa Takaran Kopi yang Aman Diminum dalam Sehari? Simak Disini

Berapa Takaran Kopi yang Aman Diminum dalam Sehari? Simak Disini

Berapa Takaran Kopi yang Aman Diminum dalam Sehari? Simak Disini--

RADARUTARA.ID - Kopi adalah salah satu jenis minuman terkenal yang mempunyao banyak manfaat. Dari banyak penelitian, mengkonsumsi Kopi tanpa gula di pagi hari bisa menurunkan risiko bermacam masalah kesehatan diantaranya seperti diabetes tipe dua, gangguan neurologis, dan penyakit hati.

Bukan hanya rasanya yang nikmat, kopi juga termasuk salah satu sumber antioksidan terbesar bagi tubuh. Tetapi, saat ini muncul pertanyaan, sebenarnya berapa takaran kopi yang baik dikonsumsi dalam sehari?

Kandungan kafein di dalam kopi bisa sangat bermacam, biasanya berkisar mulai dari 50 hingga 400 miligram per cangkir. Secangkir kopi buatan rumah umumnya mempunyai 50 miligram kafein, sementara untuk kopi kafe ukuran gelas besar bisa terkandung lebih dari 300 miligram kafein.

BACA JUGA:Terbukti di Jepang, Olahraga Ini Bisa Bikin Panjang Umur

Satu cangkir kopi bisa diasumsikan rata-rata berukuran 240 ml, mengandung sekitar 100 mg kafein. Beberapa sumber penelitian menyebutkan kalau 400 mg kafein atau empat cangkir sehari adalab jumlah yang dianjurkan dan masih aman bagi orang dewasa.

Bukan hanya menurunkan risiko penyakit diabetes sampai masalah neurologis, dalam banyak penelitian kopi juga dihubungkan sebagai 'anti-penuaan'.

Penelitian yang dikerjakan pada 400 ribu orang berusia 50-71 menunjukkan kalau mereka yang mengonsumsi empat hingga lima cangkir kopi sehari mempunyai risiko kematian terendah selama periode penelitian 12-13 tahun.

BACA JUGA:Kenapa Harga Emas Antam Lebih Mahal? Ternyata Ini Alasannya

Perlu diingat kalau kopi bukan satu-satunya sumber kafein. Minuman lain diantaranya seperti teh, minuman ringan, minuman berenergi, sampai cokelat dan obat-obatan tertentu juga bisa mempunyai kandungan kafein.

Kafein yang ada di dalam kopi bisa mempengaruhi setiap orang dengan cara yang berbeda-befa. Faktor genetik bisa mempengaruhi enzim yang memecah kafein pada organ hati, hingga reseptor pada otak yang dipengaruhi oleh kafein.

Ada banyak orang yang merasa kesulitan tidur seusai mengonsumsi kopi, tetapi ada beberapa lainnya juga yang bisa tetap tidur dengan gampangnya. Ada susunan genetik yang mungkin lebih baik dalam toleransi kafein, ada juga yang lebih buruk tingkat toleransinya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: