Pantas Saja Banyak yang Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat, Ternyata Ini 3 Keutamaannya

Pantas Saja Banyak yang Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat, Ternyata Ini 3 Keutamaannya

Pantas Saja Banyak yang Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat, Ternyata Ini 3 Keutamaannya--

RADARUTARA.ID  - Manfaat membaca surat Al Kahfi di hari Jumat dinilai memiliki banyak kebaikan, baik untuk urusan dunia sampai bekal di akhirat kelak.

Surat Al Kahfi merupakan surat ke-18 Al Quran yang berjumlah 110 ayat. Golongan surat ini merupakan golongan Makkiyah lantaran diturunkan di Mekkah.

Ada anjuran membaca surat Al Kahfi terutama di Hari Jumat. Karena, di hari tersebut ada berbagai peristiwa dahsyat yang sudah ditetapkan Allah.

BACA JUGA:Doa Dikepung Rezeki dari Segala Arah, Amalkan Setiap Hari

Banyak peristiwa luar biasa itu juga tercantum dalam sebuah kitab Shahih Muslim, sebagai berikut ini:

"Sebaik-baiknya hari saat sang surya menyinarinya adalah hari Jumat. Di hari Jumat Nabi Adam AS diciptakan, dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat." (HR Muslim)

Berikut ini ada tiga keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat bagi umat islam yang mengamalkannya:

1. Terhindar dari fitnah Dajjal

Dengan Membaca surat Al Kahfi minimal 10 ayat bahkan jika sampai dituntaskan semua ayatnya bisa menjadi pelindung diri dari fitnah Dajjal. Sebagaimana hal tersebut sudah dijelaskan dalam hadis berikut:

"Bagi siapa yang membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, niscaya ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal." (HR Ibnu Hibban)

BACA JUGA:Top 5 Rumah Makan Padang Terenak dan Murah Meriah di Arga Makmur Bengkulu Utara

2. Mendapat ampunan dosa dari Allah

"Bagi siapa yang membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, akan dibentangkan untuk ha cahaya mulai dari bawah telapak kakinya hingga ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya di hari kiamat. Dan ia akan memperoleh ampunan dari Allah di antara dua Jumat." (HR Abu Bakr bin Mardawaih dari Abdullah bin Umar RA).

3. Mengingatkan tentang Hari Kiamat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: