Satgas PAM Puter Enggano Laksanakan Pembibitan dan Pelestarian Pohon Mangrove

Satgas PAM Puter Enggano Laksanakan Pembibitan dan Pelestarian Pohon Mangrove

Satgas PAM Puter Enggano Laksanakan Pembibitan dan Pelestarian Pohon Mangrove--

RADARUTARA.ID- Dalam rangka menjaga kelestarian alam di pesisir pantai, Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Pulau Terluar (Pam Puter) Enggano melaksanakan pelestarian dan pembibitan pohon mangrove di Kecamatan Enggano Kabupaten Bengkulu Utara, pada Senin(15/04/2024).

Kegiatan pelestarian dan pembibitan tanaman mangrove ini, dipimpin langsung oleh Danton Satgas satgas Pam Puter Enggano, Letda. Inf. Masjulian yang diawali dengan proses pencarian bibit-bibit mangrove di pesisir pantai dan dilanjutkan dengan proses pemindahan bibit ke polibag, sebelum akhirnya di tempatkan di rumah pembibitan.

Danton Satgas mengatakan bahwa tujuan pelestarian dan pembibitan pohon mangrove diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di pesisir Pulau Enggano. Sebab, peran dari tanaman mangrove ini sangatlah vital bagi kelestarian alam, menjaga ekosistem, mengantisipasi abrasi pantai serta mengurangi emisi karbon.

"Seperti yang kita ketahui, bahwa Kecamatan Enggano merupakan wilayah kepulauan yang secara otomatis di sekelilingnya merupakan lautan dan sangat rentan dengan bencana abrasi. Oleh karena itu, kami menginisiasi kepada masyarakat untuk terus melestarikan pohon mangrove ini" jelas Masjulian

BACA JUGA:Produksi Buah Melinjo Menurun, Harga Emping di Enggano Melejit

Dirinya juga menyebut, bahwa kegiatan serupa akan terus dilakukan karena sudah menjadi bagian dari upaya pemulihan lingkungan serta konservasi alam yang dicanangkan oleh TNI AD, dengan semboyan "TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI".

"Kegiatan ini bukan baru dilakukan saat ini, namun sudah sejak lama dilaksanakan dan akan terus dilaksanakan guna menjaga ekosistem pesisir pantai.  Sebab, dengan adanya perubahan cuaca, kerusakan lingkungan bisa saja terus terjadi. Jika kita tidak melakukan upaya pencegahan, maka bencana alam sewaktu-waktu bisa menimpa kita semua," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: