Aliran Sungai Lebong Meluap, Warga Disepanjang Bantaran Sungai Ketahun Diminta Waspada

Aliran Sungai Lebong Meluap, Warga Disepanjang Bantaran Sungai Ketahun Diminta Waspada

Camat Napal Putih memantau debit air sungai Ketahun yg ada di Desa Teluk Angung--

RADARUTARA.ID- Dilaporkan debit air sungai di wilayah Kabupaten Lebong pada Selasa (16/4) pagi, ini sedang meluap alias banjir.

Diprediksi, peningkatan debit air pada aliran sungai Lebong, ini akan turut berdampak kepada debit air disepanjang aliran sungai Ketahun. Ini, disebabkan aliran sungai dari Lebong tersebut masih satu aliran hingga ke muara Ketahun.

"Pagi tadi kita dapat laporan bahwa sedang terjadi banjir di sepanjang aliran sungai yang ada di Lebong. Sementara sungai dari Lebong ini mengalir disepanjang sungai Ketahun yang melewati Desa Muara Santan, Desa Teluk Anggung dan seterusnya sampai muara Ketahun. Dan diperkirakan luapan air yang sedang terjadi di sungai Lebong itu akan sampai ke aliran sungai Ketahun 5-6 jam kedepan," ungkap Camat Napal Putih, Bambang Abdul Mutalib, kepada radarutara.id Selasa (16/4).

BACA JUGA:Harga Komoditas Kopi Melejit di Bengkulu Utara, Bubuk Kopi Pun Ikut Melambung

Bambang mengimbau, seluruh warga yang berada di sepanjang bantaran sungai Ketahun khususnya di wilayah Kecamatan Napal Putih agar tidak melakukan aktivitas terlebih dahulu di sepanjang aliran sungai Ketahun.

Karena menurut Bambang, luapan air dari sungai Lebong itu diprediksi juga akan terjadi disepanjang aliran sungai Ketahun.

"Yang punya ternak, yang sedang beraktivitas disekitar sungai Ketahun tolong mencari titik aman dulu. Karena luapan air dari Lebong ini nantinya juga akan membuat debit air sungai di wilayah kita meningkat. Sehingga saat ini jangan melakukan aktivitas apapun terlebih dahulu sebelum cuaca dan kondisi air sungai kembali normal," imbaunya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: