Kapan Batas Waktu Mengerjakan Shalat Isya? Ini Jawaban dari Ustadz Adi Hidayat: Bukan Tengah Malam!

Kapan Batas Waktu Mengerjakan Shalat Isya? Ini Jawaban dari Ustadz Adi Hidayat: Bukan Tengah Malam!

Kapan Batas Waktu Mengerjakan Shalat Isya? Ini Jawaban dari Ustadz Adi Hidayat: Bukan Tengah Malam!--

RADARUTARA.ID - Sholat adalah salah satu ibadah wajib bagi umat muslim yang jumlahnya ada 5 waktu. Salah satunya yaitu Sholat Isya. Ini merupakan sholat wajib setelah maghrib.

Mungkin banyak umat muslim yang bertanya kapan batas waktu mengerjakan Sholat Isya? Sholat Isya masuk pada waktu senja sore yang sudah menghilang.

Waktu Sholat Isya dimulai sejak selesainya waktu maghrib sampai terbitnya waktu fajar sebagai pertanda waktu masuknya sembahyang shubuh.

Seperti yang diketahui, Sholat Maghrib dimulai sejak terbenamnya matahari sampai hilangnya awan berwarna merah dari cakrawala.

BACA JUGA:Apa Boleh Puasa Syawal Digabungkan dengan Puasa Senin Kamis?

Sedangakn menurut Ustadz Adi Hidayat sebaiknya Sholat Isya dikerjakan tepat waktu setelah adzan berkumandang. Waktu Sholat Isya yang ditoleransi yaitu hingga waktu dini hari atau sekitar jam 00.00 WIB.

Ia menyebutkan, tidak dianjurkan atau tak disukai jika dikerjakan mepet waktu Sholat Subuh.

"Jika kamu kemudian ingin berusaha menaikkan tahajud dan terbiasa tahajud, maka boleh kemudian menghasilkan Sholat Isya namun pada batas-batas yang ditoleransi tidak mepet pada batas waktu subuh," ujar Ustaz Adi Hidayat

"Namun lebih baik prinsipnya dikerjakan dari batas awal waktu sampai ke waktu pertengahan atau tengah malam, jima kita ambil jam 12.00 hingga jam 01.00. Tetapi sholat sampai jam dianggap tidak disukai, bahkan bagi orang-orang yang sengaja mengakhirkan Sholat Isya hingga waktu 'Sahar' sampai ke sini 30 menit sebelum masuk waktu subuh," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: