Bacaan Niat Sholat Subuh saat Kesiangan, Lengkap dengan Panduannya

Bacaan Niat Sholat Subuh saat Kesiangan, Lengkap dengan Panduannya

Bacaan Niat Sholat Subuh saat Kesiangan, Lengkap dengan Panduannya--

RADARUTARA.ID- Sholat subuh adalah sholat wajib yang dilakukan sebelum terbitnya matahari. Walaupun bangun kesiangan, setiap Muslim tetap harus menunaikan Sholat subuh.

Perlu untuk diketahui, setiap Muslim wajib untuk menunaikan sholat lima waktu, mulai dari subuh, duhur, ashar, maghrib, dan Isya. Kewajiban sholat lima waktu ini tercantum dalam Alquran surat Al Isra ayat 78.

Tetapi ada beberapa Muslim yang akan menunaikan sholat subuh namun bangunnya kesiangan. Kalau demikian, maka sholat subub tetap wajib dikerjakan dengan cara mengqodhonya. 

Dalam beberapa riwayat menyebutkan bahwa kalau ada seorang Muslim yang melewatkan waktu sholat wajib lantaran uzur diantaranya seperti tidur, lupa, dan tidak sadar masuknya waktu sholat, maka hukumnya wajib untuk mengqodhonya atau mengganti.

BACA JUGA:Perusahaan di China Ini Berikan Cuti 10 Hari untuk Pegawai yang Sedang Bersedih, Salah Satunya Patah Hati

Sehingga bagi yang ingin sholat subuh namun kesiangan, berikut ini bacaan niat sholat subuh saat kesiangan atau niat sholat qadha subuh.

Usholli fardhos subhi rok'ataini mustaqbilal qiblati qodho'an lillahi ta'ala

Artinya: "Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Subuh sebanyak dua raka'at dengan menghadap kiblat serta qodho karena Allah Ta'ala."

BACA JUGA:Rasulullah Ajarkan Doa Ini saat Susah Tidur, Dibaca Agar Tidak Gelisah

Adapun cara qodho sholat subuh ini dikerjakan seperti shalat subuh pada umumnya. Tetapi yang membedakannya yakni bacaan niatnya saja. Dalam kitab shahihnya, Imam Muslim meriwayatkan kalau Nabi Muhammad SAW pernah terlewat menunaikan sholat subuh.

Ketika itu, Rasulullah SAW beserta para sahabatnya tengah dalam perjalanan pulang setelah perang Khaibar. Mereka kemudian bermalam dan tidak sengaja tertidur atau ketiduran. Mereka terbangun saat terbit matahari yang posisinya cukup tinggi.

Rasulullah SAW lalu meminta Bilal bin Rabbah mengumumkan supaya para pengikutnya melaksanakan sholat subuh. Rasulullah SAW juga ikut berwudhu dan menunaikan sholat subuh.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: