Ikuti, Ini 3 Kunci Meraih Kesuksesan di Dunia Menurut Islam

Ikuti, Ini 3 Kunci Meraih Kesuksesan di Dunia Menurut Islam

Ikuti, Ini 3 Kunci Meraih Kesuksesan di Dunia Menurut Islam--

RADARUTARA.ID - Sukses bukanlah suatu perkara yang instans dan terjadi begitu saja. Sukses harus melalui banyak hal yang dilakukan dan perjalanan yang cukup panjang.

Tetapi, selain melakukan banyak hal dan menempuh perjalanan panjang, ada beberapa kunci sukses menurut Islam yang harus diterapkan supaya perjalanan tersebut menjadi berkah dan berada dalam keridhoan-Nya.

Bukan cuma di dunia saja, seorang Muslim alangkah baiknya mempunyai orientasi kesuksesan sampai di akhirat kelak.

BACA JUGA:Jangan Sampai Terlambat, Ini Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Mudik Lebaran

Berikut ini 3 kunci sukses menurut Islam untuk meraih kesuksesan di dunia dan akhirat.

1. Ikhtiar

Ikhtiar bisa kita pahami sebagai bentuk usaha yang dikerjakan dengan sekuat tenaga untuk menggapai tujuan. Seseorang disebut berikhtiar saat mengusahakan sesuatu dengan sekuat tenaga samoai batas maksimal.

Ikhtiar yang sungguh-sungguh akan membuat seseorang bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Allah SWT berfirman:  “Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.” (QS. An-Najm : 39).

BACA JUGA:Ziarah Kubur Menjelang dan Setelah Lebaran, Bagaimana Hukumnya?

2. Berdoa

Semua hal yang dialami kita di dunia ini terutama kesuksesan terjadi karena atas hendak Allah semata. Sehingga, kesukesan itu bukanlah disebabkan oleh kecerdasan dan keahlian kita, tetapi terjadi atas kehendak Allah. Maka dari itu, setiap Muslim dianjurkan untuk berdoa kepada Allah untuk meminta segenap hajat yang diinginkannya.

Allah SWT berfirman: “Berdoalah kepadaKu niscaya akan Aku perkenankan bagimu” (QS. Ghofir : 60).

Dalam satu hari, kita dianjurkan untuk memanjatkan doa sebanyak lima kali kalau disesuaikan dengan waktu shalat. Waktu sesudah shalat sendiri adalah salah satu waktu yang mustajab untuk melakukan doa bagi seorang Muslim.

Bahkan, seorang muslim juga dianjurkan memanjatkan doa pada waktu-waktu lain mulai dari sepertiga malam dan juga ketika berbuka puasa. Adapun momen sesudah mendirikan shalat yaitu momen yang paling tepat untuk memanjatkan doa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: