Kapan Mulai Puasa Syawal 1445 H? Intip Tanggalnya Disini

Kapan Mulai Puasa Syawal 1445 H? Intip Tanggalnya Disini

Kapan Mulai Puasa Syawal 1445 H? Intip Tanggalnya Disini--

RADARUTARA.ID - Puasa Syawal merupakan Puasa sunnah yang dikerjakan selama enam hari setelah Hari Raya Idul Fitri. Melakukan amalan ini dihitung sebagai pahala Puasa yang akan dilipatgandakan oleh Allah Swt.

Karena puasa Syawal diibaratkan seperti mengerjakan puasa tanpa henti atau memperoleh pahala puasa selama setahun penuh. Kalau ingin menunaikan ibadah sunnah ini, alangkah baiknya kamu mengetahui kapan puasa Syawal 1445 H.

Hukum puasa Syawal merupakan sunnah bagi yang tidak mempunyai tanggungan puasa wajib. Puasa Syawal mempunyai keutamaan bagi muslim yang menunaikannya, seperti pada sabda Rasulullah SAW:

"Bagi siapa berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa setahun." (HR. Muslim)

BACA JUGA:Jadi Tren Baju Lebaran 2024, Ini Sejarah Bahan Shimmer

Berikut ini penjelasan tentang kapan mulai pelaksanaan puasa Syawal tahun 2024 atau 1445 Hijriah.

Waktu pelaksanaan puasa Syawal yaitu pada tanggal 2 sampai 7 Syawal secara berturut-turut.

Maknanya, puasa Syawal bisa dikerjakan sesudah hari Raya Idul Fitri, karena pada tanggal 1 Syawal atau Idul Fitri diharamkan untuk berpuasa.

Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah menyebutkan pendapat Imam Ahmad bahwa boleh berpuasa Syawal secara berurutan, boleh juga tidak berurutan.

BACA JUGA:Terlengkap! Niat dan Tata Cara Sholat Idul Fitri 2024

Tetapi, yang paling utama yaitu secara tidak berurutan. Hukum ini dipertegas lagi oleh Mazhab Imam Syafii dan Hanafi, bahwa puasa Syawal lebih utama dikerjakan secara tidak berurutan.

Menurut Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024 terbitan Kementerian Agama dan sidang isbat, tahun ini Idul Fitri 1 Syawal 1445 H jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Ini artinya awal puasa Syawal 1445 jatuh sesudah 10 April 2024, yaitu mulai 11 April 2024.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: