Jadi Tren Baju Lebaran 2024, Ini Sejarah Bahan Shimmer

Jadi Tren Baju Lebaran 2024, Ini Sejarah Bahan Shimmer

Jadi Tren Baju Lebaran 2024, Ini Sejarah Bahan Shimmer--

RADARUTARA.ID- Baju lebaran berbahan Shimmer mendadak jadi incaran saat Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Lantas bagaimana sebenarnya asal usul bahan Shimmer tersebut?

Dikabarkan, tren tersebut berawal dari pedagang di sebuah pusat belanja yang mengulas tentang koleksi busana berbahan Shimmer sebagai opsi untuk fashion lebaran 2024 lewat media sosial (Medsos). Namun unggahan tersebut justru berujung viral dan mendorong masyarakat berbondong-bondong mencari busana serupa. 

Meskipun sedang tren, tapi sebenarnya busana Shimmer sebenarnya bukan hal yang baru. Apalagi material yang menimbulkan efek mengkilap atau shimmering itu sudah ada sejak lama. 

Secara teknis, bahan ini kebanyakan adalah surra dan turunannya. Sudah menjadi hal yang umum, jika material sutra memiliki tekstur halus dan berkilauan saat terpantul cahaya. 

BACA JUGA:Pemudik Heran, di Bengkulu Selain Sulit Beli Pertalite Juga Wajib Pakai Barcode My Pertamina

Sedangkan sutra terbaik berasal dari China yang sejak zaman sebelum Masehi dikenal sebagai produsen sutra alami terbesar di dunia. Bahkan, perdagangan sutra dari China sangat pesat sampai ke seluruh dunia, sampai akhirnya muncul istilah "Silk Road" atau Jalur Sutra. 

Rute, itu menghubungkan China dan Eropa dimana banyak keluarga kerajaan. Mereka sangat menginginkan sutra untuk kebutuhan pembuatan busana mewah mereka. 

Dari China, maka peradaban belajar tentang cara membuat sutra alami yang seratnya terbuat dari ulat sutra. Sehingga tak heran, apa bila kain sutra alami bisa dibanderol dengan harga fantastis dan menjadi komoditas penting dalam sejarah China. 

Dan seiring berjalannya waktu, teknologi tekstil turut berkembang. Dari inovasi tersebut lahir material dibawah sutra tapi, hampir memiliki karakteristik yang serupa. 

BACA JUGA:10 Universitas Terbaik se-Sumetera, Ada USU hingga UNIB

Sebut saja satin. Dikutip dari berbagai sumber, komposisi terdiri dari campuran benang sutra dan poliester sehingga harganya bisa ditekan. 

Bahan satin, itulah yang umumnya digunakan untuk pakaian yang mendominasi tren lebaran 2024. 

Dimana Blus Satin dengan detail beads dijual dengan harga dibawah Rp 200 ribu. Seperti halnya yang ditemui di toko Nirmala Fashion di Thamrin City. 

"Blus bahan satin (yang) ada detail beadsnya, harganya Rp 150.000. Pilihan warnanya lengkap, ada sage, peach dan taro. Ukuran dari M sampai XXL," ungkap seorang penjaga toko tersebut kepada Wolipop belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: