Cara Memasak Ketupat Gurih dan Simple untuk Hidangan Lebaran

Cara Memasak Ketupat Gurih dan Simple untuk Hidangan Lebaran

Cara Memasak Ketupat Gurih dan Simple untuk Hidangan Lebaran--

RADARUTARA.ID- Ketupat merupakan menu wajib dan tradisi turun-temurun umat Islam di hari raya lebaran, baik saat Idul Fitri ataupun Idul Adha. Karena, menu ini sangat cocok disajikan dengan berbagai lauk seperti opor, rendang, satay hingga makanan lainnya. 

Tak heran, kalau banyak pasar yang menjual ketupat menjelang Hari Lebaran. Ketupat sendiri ternyata mempunyai filosofi yang mendalam. 

Faktanya, ketupat merupakan singkatan dari ‘Ngaku Lepat’ yang maknanya minta maaf atau mengakui kesalahan. Bahkan, bentuk ketupat yang terbuat dari pola anyaman diartikan sebagai kerumitan akan kesalahan yang pernah dilakukan.

Selain dari arti ketupat itu sendiri, ada beberapa tips memasak ketupat supaya enak, gurih, dan tahan lama. Tentunya, kamu dapat membuatnya sendiri dengan gampang di rumah.

BACA JUGA:Diguyur Hujan Deras, Bukit Resam Lebong Kembali Longsor Pengguna Jalan Diminta Hati-hati

Bahan

- 500 g beras pulen

- 8 buah ketupat janur kuning kosong

- Air untuk merebus

- 1 sdm Kaldu Ayam

Cara Membuat:

1. Cuci bersih beras, rendam selama 2 jam. Sisihkan.

 2. Siapkan panci besar atau panci sup yang telah diisi dengan air yang volumenya cukup untuk merendam ketupat. Rebus air samoai mendidih, masukkan Kaldu Ayam, aduk. Sisihkan.

3. Masukkan beras lewat salah satu lubang di ujung bagian rangka sampai memenuhi 2/3 bagian wadah ketupat. Tutup kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: