Wajib atau Tidak, Gunakan Baju Lebaran Baru saat Lebaran? Ini Kata Buya Yahya Menurut Pandangan Islam

Wajib atau Tidak, Gunakan Baju Lebaran Baru saat Lebaran? Ini Kata Buya Yahya Menurut Pandangan Islam

Wajib atau Tidak, Gunakan Baju Lebaran Baru saat Lebaran? Ini Kata Buya Yahya Menurut Pandangan Islam--

RADARUTARA.ID- Apakah wajib hukumnya saat lebaran memakai baju baru? Lalu, bagaimana jika seseorang tidak mampu membeli baju baru untuk lebaran?

Dalam kesempatan, ini Buya Yahya, menjelaskan, saat lebaran biasanya orang akan menggunakan pakaian terbaiknya atau baju baru. Bahkan, menjelang lebaran biasanya toko-toko baju akan diserbu masyarakat yang ingin mencari baju baru. Memangnya ada kewajiban menggunakan baju baru saat lebaran?

Dikutip dari tvOnenews.com, melalui kanal YouTube Al Bahjah TV, berikut ini adalah penjelasan Buya Yahya, tentang kebiasaan baju baru saat lebaran. 

Di dalam Islam, segala sesuatu harus dikerjakan sesuai dengan hukumnya. Jangan sampai sesuatu yang haram dikerjakan karena akan mendatangkan dosa. 

BACA JUGA:Sering Dilupakan Namun Penuh Makna, Ini Manfaat Mengumandangkan Kalimat Takbiran Idul Fitri yang Harus Diketah

Lalu, apakah memakai baju baru saat lebaran wajib hukumnya?

Kata Buya Yahya, memang ada kebiasaan untuk mengenakan baju yang bagus ketika lebaran tiba.

"Anjuran menggunakan baju baru, baju yang bagus menang ada," ungkap Buya Yahya.

"Bukan anjuran, itu kebiasaan orang dalam berhari raya (lebaran)," tambahnya.

Sebagaimana dikisahkan dalam sebuah hadis ketika, Umar bin Khattab membeli jubah sutra untuk digunakan di hari raya.

"Imam Bukhari meriwayatkan satu hadist, bahwa Sayidina Umar bin Khattab itu beli jubah. jubah tadi itu dari sutra kemudian dibawa jubah itu dan berkata beli seperti ini ya Rasulullah, kemudian gunakan untuk hari Raya dan menyambut tamu," kata Buya Yahya.

"Nabi melihat apa yang disampaikan Sayidina Umar. Nabi berkata, ini adalah bajunya orang yang nggak mendapatkan baju di akhirat," masih Buya Yahya.

BACA JUGA:Peduli Tetangga, Arie Tuntaskan Safari Ramadan di Masjid Lingkungan Rumah

Dari hadis tersebut diketahui bahwa laki-laki dilarang menggunakan pakaian dari bahan sutra. Akan tetapi, Nabi tak melarang Umar membeli baju baru untuk lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: