Catat Jamnya! Ini Waktu Terbaik untuk Shalat Hajat Agar Keinginan Dijabah dan Dikabulkan Allah

Catat Jamnya! Ini Waktu Terbaik untuk Shalat Hajat Agar Keinginan Dijabah dan Dikabulkan Allah

Catat Jamnya! Ini Waktu Terbaik untuk Shalat Hajat Agar Keinginan Dijabah dan Dikabulkan Allah--

RADARUTARA.ID- Sholat hajat merupakan sholat sunnah yang dianjurkan jika sedang mempunyai hajat atau keinginan yang ingin segera dijabah. Lantas, waktu terbaik mengamalkan Sholat hajat jam berapa? 

Hukum mengamalkan sholat hajat adalah sunnah. Ibadah sholat hajat pernah disinggung oleh Rasulullah SAW dalam salah satu haditsnya. 

"Bagi siapa yang memiliki hajat (kebutuhan) kepada Allah, atau kepada salah seorang anak Adam, hendaklah ia berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, sholat dua rakaat, lalu hendaklah dia mengucapkan pujian kepada Allah dan mengucapkan sholawat kepada Nabi SAW, lalu hendaklah berdoa." (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Pengerjaan sholat hajat tidak jauh berbeda dengan sholat-sholat sunnah lainnya. 

BACA JUGA:Hukum Memakai Baju Baru Saat Lebaran, Ini Jawaban Buya Yahya

Sholat hajat bisa diamalkan pada pagi atau malam hari selama berada di luar waktu yang diharamkan untuk Sholat Hajat.

Tetapi, waktu terbaik mengamalkan sholat hajat yairu sepertiga malam terakhir atau dini hari pukul 01.00 hingga menjelang subuh. 

Ketika sepertiga malam yaitu masa yang istijabah untuk memanjatkan doa. Firman Allah tervantum dalam surat Az Zariyat ayat 18,

"Dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah)."

BACA JUGA:Pemudik Ceritakan Kisah Horornya saat Alami Kemacetan di Jalan Menuju Pelabuhan Merak, Antrean Capai 15 Km

Berdasarkan salah satu hadits juga menyebut kalau pada waktu ini, Allah SWT turun ke langit dunia. Berikut bunyi haditsnya:

Artinya:

"Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman, 'Orang yang berdoa kepadaKu akan Kukabulkan, orang yang meminta sesuatu kepadaKu akan kuberikan, orang yang meminta ampunan dariKu akan Kuampuni," (HR Bukhari dan Muslim).*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: