DD 7 Desa di Air Napal Belum Cair, KPM Bakal Merana Sebelum Lebaran!

DD 7 Desa di Air Napal Belum Cair, KPM Bakal Merana Sebelum Lebaran!

Dana Desa 2024--

RADARUTARA.ID - Dana Desa (DD) di 7 Desa Kecamatan Air Napal hingga Senin (01/04) belum cair. Hal ini pun juga bakal berdampak pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) di 7 Desa tersebut.

Pasalnya jika Dana Desa belum masuk ke rekening desa, para KPM juga belum bisa menerima hak mereka yakni uang tunai Rp 300 ribu perbulan sebelum hari raya idul Fitri 1445 H.

Kasi PMD Kecamatan Air Napal, Bobi menyampaikan, saat ini baru ada 5 Desa di wilayah kerjanya yang sudah merealisasikan Dana Desa (DD) tahap I tahun anggaran 2024.

"Baru ada 5 Desa yang Cair DD nya, yakni Tepi Laut, Pasar Kerkap, Talang Kering, Tebing Kandang dan Desa Selubuk, untuk desa lainnya itu belum," ujarnya.

BACA JUGA:Berikut Penjelasan Kemendikbud Terkait Penghapusan Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler

Diungkapkan pula oleh Bobi, akibat belum dicairkannya Dana Desa di beberapa desa tersebut, juga berdampak pada uang Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang belum juga bisa dicairkan.

"Totalnya ada 3 bulan dengan nominal uang Rp 900 ribu, karena DD belum cair akhirnya uang BLT DD belum juga bisa dicairkan dan disalurkan ke KPM yang berhak," ungkapnya.

Dijelaskan pula oleh Bobi, keterlambatan pencairan Dana Desa ini disebabkan oleh pihak desa yang terlambat mengusulkan pencarian dibandingkan dengan desa - desa lainnya.

"Kalo yang cair duluan itu berarti mereka lebih cepat dalam melakukan pengusulan, kami juga menekankan kepada pihak desa jika uang sudah masuk ke rekening maka harus segera direalisasikan terutama itu BLT DD," tutup Bobi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: