Wujudkan Kemandirian Pangan di Pulau Enggano, Prajurit TNI Gotong Royong Perbaiki Irigasi Sawah

Wujudkan Kemandirian Pangan di Pulau Enggano, Prajurit TNI Gotong Royong Perbaiki Irigasi Sawah

Wujudkan Kemandirian Pangan di Pulau Enggano, Prajurit TNI Gotong Royong Perbaiki Irigasi Sawah --

RADARUTARA.ID - Guna menciptakan kemandirian pangan di Pulau terluar, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara. Kodim 0423/Bengkulu Utara melalui Koramil 423-06/Enggano terus melakukan upaya mendorong masyarakat untuk kembali mengelola lahan persawahan yang selama ini terbengkalai.

Salah satu upaya konkret yang dilakukan diantaranya, dengan melaksanakan perbaikan jaringan irigasi persawahan sepanjang kurang lebih 700 meter yang berada di Dusun I dan II, Desa Meok, pada Sabtu (30/3/2024).

Danramil Enggano, Kapten Inf Cipto Semedi mengatakan, inisiasi perbaikan jaringan irigasi persawahan yang dilaksanakan secara gotong, bersama masyarakat dan juga para anggota satgas Pam Puter Enggano ini bertujuan, agar lahan persawahan seluas kurang lebih 40 hektar yang ada di Desa Meok kembali bisa dikelola oleh warga desa.

"Selama ini lahan persawahan itu terbengkalai lantaran air irigasi tidak bisa masuk ke persawahan. Karena hal itu, maka kami anggota Koramil Enggano dibantu dengan anggota Satgas turun mengajak masyarakat untuk melakukan gotong royong perbaikan," ujarnya kepada radarutara.id, Minggu (31/3/2024).

Ia berharap dengan adanya upaya perbaikan ini, puluhan hektar lahan persawahan yang sangat potensial di Pulau Enggano itu bisa kembali produktif.

"Jika lahan persawahannya bisa dikelola. Maka selain bisa mengurangi ketergantungan bahan pangan dari luar Pulau. Masyarakat petani juga bisa lebih sejahtera karena lahan persawahannya bisa kembali produktif," tandasnya.

Sebagai komitmen TNI AD dalam membantu kesulitan masyarakat dan menciptakan ketahanan pangan yang lebih kuat, Danramil juga mengaku bahwa kegiatan serupa akan terus pihaknya lakukan kedepannya.

"Ini bukan merupakan kegiatan kami yang pertama dan bukan pula yang terakhir. Kami sudah berkomitmen agar di Pulau Enggano ini kedepannya bisa menciptakan kemandirian pangan, salah satunya melalui pertanian Padi," tandasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: