Membayar Zakat Fitrah Lebih Baik Pakai Uang atau Beras? Begini Jawaban dari Ustaz Adi Hidayat

Membayar Zakat Fitrah Lebih Baik Pakai Uang atau Beras? Begini Jawaban dari Ustaz Adi Hidayat

Membayar Zakat Fitrah Lebih Baik Pakai Uang atau Beras? Begini Jawaban dari Ustaz Adi Hidayat--

RADARUTARA.IDZakat fitrah atau biasa dikenal dengan zakat al-fitr, adalah kewajiban zakat yang wajib dipenuhi oleh setiap umat Muslim, mau itu laki-laki ataupun perempuan, ketika mendekati Hari Raya Idul Fitri di bulan Ramadhan.

Besaran zakat fitrah yaitu beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau setara 3,5 liter per jiwa. Bukan hanya beras, biasanya umat Muslim Indonesia juga menunaikan zakat fitrah dengan menggunakan uang.

Lalu, mana yang lebih baik membayar zakat fitrah memakai uang atau beras?

BACA JUGA:Wajahnya Sering Terpampang di Buku Iqro, Kyai Asal Indonesia Ini Ternyata Bukan Ulama Sembarangan

Menjawab hal tersebut, Ustaz Adi Hidayat (UAH) berpegang pada pendapat mayoritas ulama yang sepakat bahwa zakat fitrah ditunaikan memakai makanan pokok.

"Mayoritas ulama memberikan pandangan kalau zakat dibayar menggunakan makanan pokok, jadi yang diutamakan makanan bukan uang," ungkap Ustaz Adi Hidayat.

"Bahkan ada beberapa yang menolak zakat dengan uang khusus untuk zakat Fitrah lantaran dikhawatirkan keluar dari konteksnya," sambungnya.

Saat seseorang diberikan uang, terkadang uang tersebut digunakan tidak untuk membeli makanan namun diperuntukkan membeli hal lain.

"Konteksnya memberi makanan tiba-tiba diberi uang, dibelikanlah pulsa, orang sekarang lebih baik nggak makan ketimbang kehilangan pulsa," ucapnya.

BACA JUGA:Orang Tua Diberi Peringatan, Ustaz Khalid Basalamah: Jangan Ajarkan Anak Menabung, Itu Tidak Mendidik!

Maka dari itu, UAH berpegang teguh kepada pandangan mayoritas ulama, yaitu membayar zakat fitrah dalam bentuk makanan.

“Pasalnya tujuan pokoknya untuk memberikan kesempatan pada orang yang tidak dapat makanan supaya bisa makan serta membatalkan puasanya ketika masuk hari raya," tuturnya.

Selain itu, Ustaz Adi Hidayat memberi saran kepada panitia yang bertanggung jawab atas penerimaan zakat fitrah supaya menerima pembayaran zakat dalam bentuk uang, kalau memungkinkan, dan kemudian menggunakannya untuk membeli makanan yang akan disalurkan kepada yang lebih membutuhkan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: