Orang Tua Diberi Peringatan, Ustaz Khalid Basalamah: Jangan Ajarkan Anak Menabung, Itu Tidak Mendidik!

Orang Tua Diberi Peringatan, Ustaz Khalid Basalamah: Jangan Ajarkan Anak Menabung, Itu Tidak Mendidik!

Orang Tua Diberi Peringatan, Ustaz Khalid Basalamah: Jangan Ajarkan Anak Menabung, Itu Tidak Mendidik!--

RADARUTARA.ID- Sebagian orangtua mengajarkan kepada anak-anaknya untuk menabung sejak dini. Jika menanamkan kebiasaan ini sejak kecil, orang tua berharap anaknya tumbuh menjadi tidak boros dan belajar menyisihkan uang. 

Tetapi ternyata, prinsip tersebut tidak bisa diterapkan oleh pendakwah tersohor Ustaz Khalid Basalamah. 

Ustaz Khalid menyebutkan, kalau dirinya sendiri tidak setuju jika anak-anaknya dibelikan celengan untuk menabung. Ustaz Khalid lebih suka kalau anak-anaknya bersedekah. Kenapa begitu?

“Pasalnya jika kita suruh dia menabung, sedangkan dia sendiri tidak perlu tabungan itu. Katanya untuk pendidikan masa depan, jika saya liat itu malah tidak mendidik,” ungkap Ustaz Khalid Basalamah.

“Kenapa? Karena jika kita beri dia celengan dan dia menabung, dia akan menjadi orang yang bakhil. Dia nabung, gak mau sedekah. Bahkan jika kakaknya atau adeknya pegang celengannya dia jadi marah,” lanjutnya. 

BACA JUGA:Wajahnya Sering Terpampang di Buku Iqro, Kyai Asal Indonesia Ini Ternyata Bukan Ulama Sembarangan

“Lebih baik orang tua beri anaknya uang, misalnya uang jajan sekolah katakan ‘nak nanti kalau ada temannya yang butuh bantu ya, ada celengan masjid di sekolah masukin ya’ ajarin dari kecil seperti itu,” ucapnya. 

Bukan menabung, Ustaz Khalid menganjurkan supaya orangtua mengajarkan anak untuk bersedekah sejak dini. Karena menurutnya, konsep yang benar yaitu sedekah pangkal kaya bukan menabung pangkal kaya.

“Sedekah pangkal kaya. Gak bakal ketemu konsep Islam sama kapitalis,” ucapnya.

“Ini saya pribadi ya. Jadi kalau kamu mau ikut Alhamdulillah, tidak juga kamu punya hak. Kita bukan sedang bicara dalil syar’i, namun saya melihat pola ini harus diterapkan,” tutup Ustaz Khalid Basalamah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: