Potensi Kebakaran Rumah Akibat Korsleting Listrik Cukup Tinggi, Wabup Bengkulu Utara Sampaikan Pesan Ini

Potensi Kebakaran Rumah Akibat Korsleting Listrik Cukup Tinggi, Wabup Bengkulu Utara Sampaikan Pesan Ini

Wabup Bengkulu Utara, Arie Septia Adinata, saat menghadiri agenda Safari Ramadhan--

RADARUTARA.ID- Wakil Bupati Bengkulu Utara (BU), Arie Septia Adinata, SE, MAP menghimbau kepada seluruh masyarakat Bengkulu Utara untuk sama-sama memastikan instalasi listrik yang terpasang di rumah dalam kondisi aman dan pemasangannya benar-benar sesuai dengan SOP.

Hal ini, sengaja ia sampaikan dalam rangka mengajak seluruh masyarakat Bengkulu Utara untuk sama-sama waspada dalam mengantisipasi potensi bencana kebakaran rumah.

"Dua musibah kebakaran yang baru-baru ini terjadi di Terminal unit 1 dan di Kecamatan Tanjung Agung Palik, 99 persen semuanya disebabkan karena korsleting listrik. Oleh karena itu agar musibah serupa tidak terulang lagi, pastikan instalasi listrik di rumah Bapak/Ibu dalam kondisi baik semua," himbau Bupati saat melaksanakan safari ramadhan di Masjid Baitul Hikmah, Tegal Sari, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara pada (22/3/2024) malam.


Kejadian kebakaran beberapa waktu lalu--

Selain itu, Arie Septia Adinata juga berpesan kepada masyarakat yang ingin berpergian meninggalkan rumah untuk lebih dahulu memastikan kondisi jaringan listrik dalam kondisi aman. 

"Kalau memang bisa jangan sampai meninggalkan rumah dalam kondisi kosong. Tapi jika memang tidak ada yang menunggu lagi. Pastikan perangkat elektronik semua dalam kondisi mati dak kabelnya di cabut. Bila perlu, matikan saklar pada meteran listrik agar tidak ada arus listrik yang mengalir, ke dalam rumah," pintanya.

Lebih jauh ia juga meminta kepada masyarakat yang akan berpergian lama saat perayaan idul fitri. Untuk menitipkan rumah kepada tetangga atau kerabat dekatnya.

"Ini tak lain agar saat rumah ditinggalkan ada pihak-pihak yang mengawasi. Bukan hanya mengantisipasi bencana kebakaran. Namun ini juga demi keamanan atas potensi pembobolan rumah," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: