Rumah dengan 19 Ciri Ini Akan Dijauhi Malaikat Pembawa Rezeki, Termasuk Rumah Kalian?

Rumah dengan 19 Ciri Ini Akan Dijauhi Malaikat Pembawa Rezeki, Termasuk Rumah Kalian?

Rumah dengan 19 Ciri Ini Akan Dijauhi Malaikat Pembawa Rezeki, Termasuk Rumah Kalian?--

Malaikat tidak akan mendatangi rumah yang di dalamnya terdapat anjing. Hal ini disebabkan air liur anjing yang dianggap najis dan ada larangan syariat memelihara anjing. Malaikat pun enggan untuk masuk ke rumah.

Dikutip dari buku Asbabul Wurud karya Imam Jalaluddin as-Suyuthi, Rasulullah SAW sendiri pernah menjelaskan dalam sebuah hadits tentang malaikat jibril yang tidak masuk ke dalam rumah sebab ada seekor anjing. Hadits tersebut diriwayatkan dari Thalhah Al-Anshari,

لا تدخل الملائكة بيتا فيه كلب

Artinya: "Malaikat tidak masuk ke dalam rumah yang terdapat anjing di dalamnya." (Muttafaq alaih)

Selain itu, Ummul Mukminin Aisyah RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW telah mengadakan perjanjian dengan Malaikat Jibril bahwa ia akan datang. Namun, hingga waktu pertemuan tiba, ia tidak datang.

Sambil melepaskan tongkat yang dipegangnya, Rasulullah SAW bersabda, "Allah tidak mungkin mengingkari janji-Nya, tetapi mengapa Jibril belum datang?"

Tatkala Rasulullah SAW menoleh, ternyata beliau melihat seekor anak anjing di bawah tempat tidur.

"Kapan anjing ini masuk?" tanya beliau.

Aisyah RA menyahut, "Entahlah." Setelah anjing itu dikeluarkan, masuklah malaikat Jibril.

"Mengapa engkau terlambat?" tanya Rasulullah kepada Jibril.

Jibril pun menjawab, "Karena tadi di rumahmu ada anjing. Ketahuilah, kami tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar (patung)." (HR Muslim)

Meski demikian, malaikat dapat datang ke rumah yang terdapat anjing tetapi berada di luar. Contohnya anjing pemburu, anjing yang ditugasi menjaga sawah ladang dan hewan ternak, dan juga anjing penjaga.

BACA JUGA:Panjatkan Doa Ini Setelah Membeli Barang Baru Agar Mendapat Berkah

3. Rumah yang Dipenuhi Suara Musik

Malaikat tidak menyukai rumah yang disetel musik ataupun suara nyanyian. Terutama musik yang dapat mengundang maksiat dan dosa. Al-Qur'an tentang setan dengan segala tipu dayanya terhadap manusia.

Di dalam buku Rumah Muslim Yang Ditakuti Setan karya Indah Permatasari, Ibnu Abbas menerangkan tentang ayat surat Al Isra ayat 64 yang merujuk pada pernyataan ini, "Suara setan adalah lagu, seruling, dan perkataan yang sia-sia".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: