9 Cara Ampuh Usir Nyamuk dari Bahan Alami Ini Bisa Hindarkan dari Serangan DBD hingga Malaria

9 Cara Ampuh Usir Nyamuk dari Bahan Alami Ini Bisa Hindarkan dari Serangan DBD hingga Malaria

9 Cara Ampuh Usir Nyamuk dari Bahan Alami Ini Bisa Hindarkan dari Serangan DBD hingga Malaria--

RADARUTARA.ID- nyamuk merupakan hewan jenis serangga yang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Ini, karena nyamuk sangat senang berada di tempat hangat. Salah satu faktornya adalah Indonesia terletak di garis khatulistiwa, yang tak lain membuat negara Indonesia beriklim tropis. 

Dan nyamuk-nyamuk, itu harus dibasmi sampai ke akarnya jika ingin efek jangka panjang, seperti membasmi sumbernya yaitu genangan air. Mau musim panas atau hujan, jika lingkungan di sekitar Anda mendukung perkembangbiakan nyamuk, maka sama saja. 

Dan keberadaan nyamuk sangat menganggu penghuni rumah, baik siang maupun malam hari. Selain menyebabkan bentol dan gatal, suara bising nyamuk terbang juga menganggu. Di sisi lain, gigitan nyamuk juga bisa menjadi media penyebaran penyakit berbahaya seperti demam berdarah dengue (DBD), demam kuning hingga malaria. 

BACA JUGA:Baca Doa Nabi Sulaiman untuk Mendatangkan Kekayaan dan Rezeki Lancar

Dan saat, ini obat nyamuk bakar dan semprot merupakan pilihan banyak orang untuk membasmi nyamuk. Namun padahal ada acar alami yang bisa mengusir nyamuk tanpa obat-obatan alias alami. Begini ulasannya:

1. Kamper

Kamper atau yang biasa disebut kapur barus pasti tidak asing di telingamu. Kamper sudah lama terkenal sebagai obat tradisional pengusir nyamuk di rumah. Aromanya yang tajam sangat ampuh menangkal nyamuk. Beli kamper tablet lalu taruh di mangkuk berisi air. Pastikan posisinya sulit untuk dijangkau anak-anak dan hewan karena sangat berbahaya jika terkonsumsi. Ganti kamper setiap beberapa hari sekali.

2. Bubuk Kopi

Dilansir dari Livspace, Sabtu (16/3/2024) selain menghasilkan nitrogen untuk tanaman di sekitarnya, bubuk kopi juga bisa mengusir nyamuk. Trik yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan. Kalau masalah di rumahmu adalah genangan air, solusinya adalah bubuk kopi.

Seperti yang kita tahu, nyamuk menyukai genangan air, jadi kamu cukup menaburkan bubuk kopi ke genangannya. Telur nyamuk akan muncul ke permukaan dan mati karena kekurangan oksigen. Tidak hanya nyamuk, bubuk kopi juga bisa mengusir serangga lainnya.

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Selama Ramadhan, Arie Septia Adinata Berikan Empat Tips Tetap Sehat dan Semangat Berpuasa

3. Taruh Irisan Lemon dan Cengkeh di Sekitar Rumah

Aroma yang dihasilkan oleh lemon dan cengkeh sudah terbukti dapat mengusir nyamuk di rumah. Belah lemon jadi dua dan isikan cengkeh pada masing-masing bagian. Taruh di beberapa piring dan letakkan perpaduan ini di sekitar rumahmu yang banyak nyamuknya.

4. Aplikasikan Semprotan Bawang Putih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: