5 Cara Mudah Mengatur Jam Tidur Agar Badan Tetap Sehat Saat Puasa

5 Cara Mudah Mengatur Jam Tidur Agar Badan Tetap Sehat Saat Puasa

5 Cara Mudah Mengatur Jam Tidur Agar Badan Tetap Sehat Saat Puasa--

RADARUTARA.ID- Menjaga kualitas tidur selama bulan Ramadan dapat menjadi tantangan bagi sebagian besar umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Pasalnya, saat siang hari, kita di tuntut harus bekerja dan pada malam harinya banyak hal-hal yang harus di kerjakan, hingga akhirnya waktu tidurpun harus larut malam.

Sementara itu, saat beberapa waktu terlelap, waktu subuh pun kembali tiba dan kita harus bangun untuk makan sahur.

Dengan siklus kehidupan puasa di atas, maka banyak orang akhirnya kehilangan waktu istirahat yang cukup dan secara otomatis mengganggu kebugaran tubuh.

BACA JUGA:Jurnalis Bincang Perempuan Terpilih dalam AAJA Mentor Match program 2024

Agar hal itu tidak terjadi, radarutara.id akan memberikan beberapa tips sederhana, agar Anda dapat mengatur jam tidur dengan lebih efektif selama menjalankan ibadah puasa.

1. Tetap Konsisten

Cobalah untuk tetap konsisten dengan jadwal tidur Anda. Meskipun jadwal sahur dan berbuka puasa dapat bervariasi setiap hari, usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari agar tubuh terbiasa dengan pola tidur yang teratur.

2. Manfaatkan Waktu Istirahat Siang

Jika memungkinkan, manfaatkan waktu istirahat siang untuk tidur sejenak. Tidur singkat selama siang dapat membantu mengurangi kelelahan dan menjaga stamina Anda selama menjalankan ibadah puasa.

3. Hindari Aktivitas yang Membuat Anda Terjaga

Sebelum tidur, hindari aktivitas yang dapat membuat Anda terjaga seperti menonton televisi, menggunakan ponsel, atau makan makanan yang berat. Cobalah untuk membuat lingkungan tidur yang tenang dan nyaman untuk memudahkan Anda tidur lebih cepat.

BACA JUGA:Jadi Dokter Mahal? Berikut Ini 5 PTN dengan Biaya Kuliah Kedokteran Paling Murah

4. Batasi Konsumsi Kafein dan Gula

Hindari minuman atau makanan yang mengandung kafein atau gula tinggi, terutama menjelang waktu tidur. Kafein dan gula dapat mengganggu pola tidur Anda dan membuat Anda sulit tidur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: