Pasien Gagal Ginjal Wajib Hindari Makan Kurma Saat Berbuka Puasa, Ini Alasannya

Pasien Gagal Ginjal Wajib Hindari Makan Kurma Saat Berbuka Puasa, Ini Alasannya

Pasien Gagal Ginjal Wajib Hindari Makan Kurma Saat Berbuka Puasa, Ini Alasannya--

RADARUTARA.ID- Seseorang yang menderita penyakit  gagal ginjal disarankan untuk menghindari mengonsumsi kurma saat berbuka puasa

Pakar kesehatan menyebut, larangan tersebut dikeluarkan karena buah kurma mengandung kalium dalam jumlah yang tinggi, yang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan pada pasien dengan gagal ginjal.

Kalium adalah mineral yang biasanya disaring oleh ginjal sehat, tetapi pasien dengan gagal ginjal cenderung memiliki masalah dalam mengeluarkan kalium dari tubuh mereka. 

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung kalium tinggi seperti kurma dapat menyebabkan penumpukan kalium berlebih dalam tubuh pasien. Jika hal itu terjadi maka dapat berdampak negatif pada kesehatan mereka.

BACA JUGA:Kapan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga di Bulan Puasa?

Meskipun kurma merupakan makanan yang sangat populer selama bulan puasa, pasien gagal ginjal disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsinya. 

Sebab, dengan adanya konsultasi bersama dokter atau ahli gizi maka Anda akan mendapatkan saran yang sesuai berdasarkan kondisi kesehatan Anda.

Selain itu, penting juga di perhatikan bagi pasien dengan kondisi kesehatan yang spesifik untuk memperhatikan asupan makanan mereka dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mereka selama bulan puasa.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: