Jangan Lupa Panjatkan Doa Ini Ketika Berbuka Puasa, Insya Allah Membawa Berkah

Jangan Lupa Panjatkan Doa Ini Ketika Berbuka Puasa, Insya Allah Membawa Berkah

Jangan Lupa Panjatkan Doa Ini Ketika Berbuka Puasa, Insya Allah Membawa Berkah--

RADARUTARA.ID - Waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadhan salah satunya yaitu sebelum berbuka puasa. Umat islam disarankan untuk memanfaatkan waktu berbuka puasa dengan berdoa

Rasulullah SAW pun bersabda:

Yang Artinya: "Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Doa orang yang terzalimi." (HR at-Tirmidzi 2526, 3598 dan Ibnu Majah 1752). Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadis ini hasan).

Berdasarkan Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) dijelaskan mengapa doa gampang dikabulkan saat berbuka puasa, pasalnya ketika itu orang yang berpuasa sudab menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk serta merendahkan diri. Berikut ini bacaan doa yang dapat diamalkan oleh para ulama setiap menjelang berbuka puasa. Doa ini tercantum dalam Kitab Al-Adzkar dan lainnya.

BACA JUGA:Resep I Fu Mi ala Restoran Chinese Food, Sajian Unik untuk Berbuka Puasa

Diketahui dalam doa tersebut terdapat empat keutamaan yakni (1) Kalimat Syahadat (2) Istighfar (3) Berdoa memohon surga (4) Berlindung kepada Allah dari api neraka. 

Ini dia doa nya:

ASYHADU ALLA ILAHA ILLALLAH, ASTAGFIRULLAH, AS'ALUKA RIDHOKA WAL JANNAH, WA A'UDZUBIKA MIN SAKHATHIKA WANNAAR. 

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Aku memohon ampunan Allah. Ya Tuhanku, aku memohon ridha dan surga-Mu. Aku juga berlindung kepada (rahmat)-Mu dari murka dan neraka-Mu. 

Lalu disambung dengan doa memohon ampunan: 

ALLAHUMMA INNAKA 'AFUWWUN TUHIBBUL 'AFWA FA'FU ANNI. 

Artinya: "Ya Tuhanku, sungguh Engkau Maha pengampun lagi pemurah. Engkau menyukai ampunan, oleh karenanya ampunilah aku."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: