Apa Benar, Aki Cepat Soak Gara-gara Sering Matikan Mesin Motor Pakai Standar?

Apa Benar, Aki Cepat Soak Gara-gara Sering Matikan Mesin Motor Pakai Standar?

Apa Benar, Aki Cepat Soak Gara-gara Sering Matikan Mesin Motor Pakai Standar?--

RADARUTARA.ID- Sepeda motor matik adalah kendaraan yang banyak diminati masyarakat Indonesia, hal itu terbukti dari jumlah populasi motor matik di jalan raya.

Dan salah satu fitur keselamatan yang dimiliki motor matik adalah side stand switch, dengan teknologi apa bila standar samping diturunkan akan menyebabkan mesin kendaraan mati secara otomatis. Bahkan apa bila standar itu masih diturunkan, mesin kendaraan tidak akan bisa hidup atau dinyalakan. 

Tapi sayangnya, apa bila fitur memastikan mesin motor menggunakan standar itu sering dilakukan justru bisa menjadi penyebab aki cepat soak?

BACA JUGA:Jurusan Ini Diprediksi Bakal Mendapatkan Kuota Pada Tes CPNS 2024 Mendatang

Salah seorang pemilik Workshop Dhinata Jaya Garage, Andre, mengatakan, menggunakan standar samping untuk memastikan mesin motor tidak boleh terlalu sering. 

“Misal pas keadaan urgent terus dengan waktu yang tidak lama boleh-boleh saja sih,” jelas Andre, dikutip dari Kompas.com, Kamis 7 Maret 2024.

Andre menambahkan, apa bila kebiasaan memastikan mesin motor menggunakan standar itu dilakukan, maka bisa berdampak terhadap kerusakan aki alias soak.

“Kalau digunakan untuk waktu yang lama itu tidak dianjurkan sih, soalnya itu berdampak pada umur aki,” ungkapnya.

BACA JUGA:Merasa Foto di KTP Anda Terlihat Jelek, Ini Dia Cara Mengganti Foto di KTP dengan Mudah dan Cepat

Terpisah Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, justru memberikan pendapat yang berbeda. Kata Endro, memastikan mesin motor matik menggunakan standar samping tidak berpengaruh kepada aki. Tapi ada catatan untuk hal tersebut.

“Pada saat standar samping diturunkan maka otomatis mesin motor akan langsung mati, hanya mesin saja bukan sistem kelistrikannya. Jika pengguna motor tidak segera atau bahkan lupa mematikan kontak ke posisi off, maka itu yang membuat aki boros,” ungkap Endro.

Wajib diketahui, bahwa fitur side stand switch pada motor matik hanya akan mematikan mesin kendaraan tapi tidak untuk mematikan sistem kelistrikan motor matik. Sehingga, jika lupa mematikannya kemungkinan aki akan cepat soak bisa saja terjadi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: