Merasa Foto di KTP Anda Terlihat Jelek, Ini Dia Cara Mengganti Foto di KTP dengan Mudah dan Cepat

Merasa Foto di KTP Anda Terlihat Jelek, Ini Dia Cara Mengganti Foto di KTP dengan Mudah dan Cepat

Cara ganti foto KTP yang lama ke Foto KTP baru--

RADARUTARA.ID- Anda tidak puas dengan foto KTP Anda? Jangan khawatir, Anda bisa mengganti foto KTP dengan cara yang mudah dan cepat. Namun, ada beberapa syarat dan prosedur yang harus Anda ikuti agar foto KTP Anda bisa diganti dengan foto yang baru.

Menurut Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 74 Tahun 2015, foto KTP hanya bisa diganti dengan alasan tertentu, yaitu:

- Foto KTP buram, tidak jelas, terkelupas, atau rusak yang membuat identifikasi pemilik di KTP menjadi sulit.

- Perubahan penampilan dari yang sebelumnya tidak berhijab menjadi hijab.

BACA JUGA:Pengidap Salah Satu dari 8 Penyakit Ini Harus Hindari Minum Kopi

Jika Anda memenuhi salah satu alasan di atas, Anda bisa mengajukan permohonan untuk mengganti foto KTP ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat. Anda harus membawa dokumen berikut:

- KTP elektronik yang lama

- Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

Anda tidak perlu membawa surat pengantar dari RT/RW, karena hal itu tidak diperlukan untuk mengganti foto KTP. Di kantor Dukcapil, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pernyataan perubahan elemen data kependudukan yang telah dilengkapi materai.

Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk mengambil foto baru dan melakukan verifikasi data seperti pemindai sidik jari. Proses ini tidak memakan waktu lama, dan Anda bisa menunggu KTP elektronik dengan foto baru dicetak.

BACA JUGA:Harga BBM Naik Terus, Peminat Motor Konvensional Mulai Beralih ke Motor Listrik Ini, Alasannya!

Namun, sebelum Anda mengambil foto baru, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar hasil foto KTP Anda bagus dan sesuai. tips tersebut adalah:

- Jangan angkat dagu terlalu tinggi, karena akan membuat lubang hidung terlihat jelas. Adapun posisi yang benar yaitu posisikan  dagu jangan terlalu tinggi, namun tetap tidak menunduk.

- Posisikan kepala dengan benar, yaitu tidak miring ke kanan atau ke kiri, tapi lurus dan sejajar dengan kamera. Jangan lupa untuk menatap kamera dengan pandangan yang tajam dan percaya diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: