Tips Aman Minum Kopi Tanpa Gula, Cocok untuk Penderita Penyakit Ini

 Tips Aman Minum Kopi Tanpa Gula, Cocok untuk Penderita Penyakit Ini

Tips Minum Kopi Tanpa Gula yang Aman--

RADARUTARA.ID- Kopi merupakan minuman yang banyak digemari oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang ingin tetap segar dan terjaga.

Menikmati kopi juga bisa dilakukan dengan banyak cara, diantaranya itu minum kopi manis atau dengan gula dan minum kopi pahit tanpa gula. Namun demikian, minum kopi dengan gula ataupun tidak, tetap memiliki resiko yang sama. 

Lalu bagaimana cara mengurangi risiko minum kopi tanpa gula ? Berikut ini tips amannya.

- Batasi konsumsi kopi

Jika ingin aman untuk mengkonsumsi kopi, maka Anda wajib memperhatikan jumlah konsumsi. Untuk jumlah amannya, Anda harus mengatur konsumsi itu maksimal 3-4 cangkir per hari, atau sekitar 300-400 mg kafein. Jika Anda minum lebih dari itu, maka Anda dapat meningkatkan risiko terkena efek samping dari kandungan kafein di dalam kopi.

BACA JUGA:Selain Kaya Manfaat, Minum Kopi Hitam Secara Berlebihan Juga Memiliki Resiko

- Hindari minum kopi di malam hari

Jika Anda pecinta kopi, hindari minum kopi pada malam hari. Anda harus minum kopi maksimal 4-6 jam sebelum tidur. Sebab, dengan demikian bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

RADARUTARA.ID- Pilih kopi yang berkualitas

Jenis-jenis kopi yang baik itu di antaranya seperti kopi organik, kopi arabika, atau kopi specialty. Kopi-kopi tersebut biasanya memiliki rasa yang lebih enak dan lebih sehat, karena tidak mengandung pestisida, bahan kimia, atau campuran kopi robusta yang lebih pahit dan asam.

- Tambahkan bahan alami

Ketika minum kopi, upayakan ada tambahan bahan alami yang dapat meningkatkan rasa dan manfaat kopi, seperti kayu manis, jahe, madu, atau susu rendah lemak. Bahan-bahan ini dapat memberikan rasa manis, hangat, dan kaya, sekaligus menambah nutrisi dan mengurangi asam kopi.

Demikian tips aman minum kopi tanpa gula agar tidak beresiko pada kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: