Keindahan Wisata Terjun Air Tenam, 'Banda Neira' dengan Kearifan Lokal Bengkulu

Keindahan Wisata Terjun Air Tenam, 'Banda Neira' dengan Kearifan Lokal Bengkulu

Keindahan Wisata Terjun Air Tenam, 'Banda Neira' dengan Kearifan Lokal Bengkulu--

RADARUTARA.ID- Desa Air Tenam Kecamatan Ulu Manna Kabupaten Bengkulu Selatan mempunyai wisata air Terjun yang tak kalah indahnya dibanding dengan wisata lain.

Wisata air Terjun Desa Air Tenam ini masih mempunyai suasana yang asri, indah, sejuk dengan pemandangan air yang masih benar-benar jernih dan bersih. Rute menuju lokasi juga mudah dijangkau tidak terlalu jauh dari desa.

Air terjun di desa ini tersedia tiga titik. Titik pertama lokasinya tidak jauh dari jalan raya. Cuma sekitar 200 meter dan dilanjutkan berjalan kaki selama 10 menit. Lalu di titik kedua berjarak kurang lebih 500 meter dan titik ke tiga berjarak sekitar 2 km. Setiap tingkat yang dimiliki oleh air terjun ini, sangat bagus.

BACA JUGA:Wisata Sejarah di Bengkulu : Begini Kondisi Bunker Jepang Tapak Paderi yang Sudah Terlupakan

Keistemewaan dari tempat wisata air Terjun Desa Air Tenam ini, selain tersedia Tiga tingkat air terjun, wisata ini juga mempunyai hutan lebat yang masih alami. Untuk wisatawan yang ingin ke berkunjung ke lokasi air terjun, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan aliran air yang jernih serta perkebunan kopi dan kebun durian yanh siap memanjakan mata.

Untuk wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun di desa ini, dari Kota Bengkulu dapat ditempuh sekitar 4 jam perjalanan menggunakan mobil ataupun motor, namun kalau dari Kota Manna hanya memakan 1 jam perjalanan.

Jika sudah sampai di Desa Air Tenam, kendaraan pengunjung boleh diparkirkan di pekarangan rumah warga setempat. Lalu pengujung bisa melanjutkan dengan berjalan kaki.

BACA JUGA:Ingin Aplikasi Google Maps Anda Lebih Akurat? Ikuti Dua Cara Mudah Ini

Warga desa juga akan memaparkan bahwa air terjun didesanya ini sangat istimewa dan bagus tidak kalah kalau dibandingkan dengan air terjun di tempat lain yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Pemerintah desa setempat juga sudah mensuport wisata air terjun dengan kucuran anggaran dana desa (DD), lantaran untuk membangun objek wisata ini membutuhkan pendanaan yang cukup besar dana desa, agar bisa berjalan dengan baik serta adanya gotong royong dari warga desa.

Air terjun tiga tingkat ini bisa terbangun dengan tujuan agar lebih majukan perkembangan dan perekonomian masyarakat Desa Air Tenam, lantaran jika memang sudah diresmikan menjadi objek wisata, maka secara otomatis masyarakat Desa Air Tenam dapat berjualan di lokasi air terjun.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: