5 Amalan Penting Dikerjakan Saat Bulan Puasa Ramadhan

5 Amalan Penting Dikerjakan Saat Bulan Puasa Ramadhan

Bisa Tingkatkan Pahala, Kerjakan 4 Amalan Ini saat Bulan Puasa Ramadhan--

RADARUTARA.ID- Puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu ibadah wajib bagi umat muslim. Selain menahan diri dari makan, minum hingga terbitnya fajar dan terbenamnya kembali matahari, terdapat berbagai amalan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pahala selama bulan suci Ramadhan berlangsung. 

Nah, apa saja amalan yang bisa tingkatkan pahala apa bila dikerjakan disaat bulan puasa Ramadhan itu? Berikut ini penjelasannya:

1. Menjaga Salat dan Membaca Al-Qur'an

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan adalah meningkatkan ibadah salat dan membaca Al-Qur'an. Menghabiskan waktu untuk shalat lima waktu secara berjamaah di masjid atau di rumah, serta membaca Al-Qur'an dengan memahami maknanya, akan meningkatkan keberkahan dalam ibadah puasa. 

Rasulullah SAW bersabda,“Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya." (HR. Tirmidzi)

BACA JUGA:Simak Tabel Angsuran KUR BRI 2024, Plafon Pinjaman 15 Juta Hingga 20 Juta Cicilan Hanya Rp325.000/bulan

2. Bersedekah

Ramadan adalah bulan penuh berkah di mana pahala sedekah dilipatgandakan. Memberikan sedekah kepada yang membutuhkan, baik dalam bentuk makanan, uang, atau bantuan lainnya, adalah amalan yang sangat dianjurkan. 

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (HR. Tirmidzi)

3. Berbuat Baik dan Menjaga Lisan

Selain menjaga puasa dari makan dan minum, penting juga untuk menjaga lisan dari perkataan yang buruk atau menyakiti. Berbicara dengan lembut, menghindari gosip, dan memberikan kata-kata yang menghibur dan memotivasi kepada sesama merupakan amalan yang dianjurkan selama bulan Ramadan. 

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan." (HR. Bukhari)

BACA JUGA:Kabar Gembira, 75 Ribu Satpol PP Berpeluang Jadi ASN dan PPPK

4. Memperbanyak Doa dan Istighfar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: