2 Kali Gempa yang Terjadi di Bengkulu Bersumber dari Megathrust, Tsunami 34 Meter Akan Terjadi di Sumatera?

2 Kali Gempa yang Terjadi di Bengkulu Bersumber dari Megathrust, Tsunami 34 Meter Akan Terjadi di Sumatera?

2 Kali Gempa yang Terjadi di Bengkulu Bersumber dari Megathrust, Tsunami 34 Meter Akan Terjadi di Sumatra? Ini--

Para peneliti mengungkapkan, penyebab potensi tsunami besar disekitar Jawa Barat dan Sumatra itu sebagai akibat pertemuan lempeng Indo-Australia dan subduksi di bawah Lempeng Sunda. 

"Kami menunjukkan bahwa ketinggian maksimum tsunami bisa mencapai 34 m di sepanjang pantai barat Sumatra paling selatan dan di sepanjang pantai selatan Jawa dekat Semenanjung Ujung Kulon," demikian dikutip dari jurnal di Springer Natural Hazard itu.

BACA JUGA:Berikut Cara Aman Keluar Group WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengguna Lain

Sejumlah penulis studi dari BMKG hingga BNPB, memanfaatkan katalog data seismik yang bersumber dari BMKG dan Internasional Seismological Center (ISC) periode April 2009 sampai Juli 2020, untuk mengukur hiposenter gempa. 

Pemodelan melibatkan dua segmen megathrust (ada di selatan Jawa Barat dan Sumatera bagian selatan) dan satu segmen backthrust (patahan yang arah dorongannya berkebalikan dari megathrust di selatan Jabar).

Megathrust segmen barat (di selatan Sumatra) memiliki panjang parit-paralel 325 km, lebar 120 Km, dan slip (pergeseran) homogen 24 meter. Segmen timur sepanjang 442 Km, lebar 109 Km, dengan slip homogen 20 meter. Sedangkan bcakthrust memiliki panjang 312 Km dan lebar 55 Km dengan slip Homogen 16 meter.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: