Cara Mudah Buat KTP Digital, 5 Menit Jadi dan Cukup dengan HP

Cara Mudah Buat KTP Digital, 5 Menit Jadi dan Cukup dengan HP

Cara Mudah Buat KTP Digital. 5 Menit Jadi dan Cukup Dengan HP --

RADARUTARA.ID- Di era digital ini, semua akses dokumen fisik melalui internet semakin dibutuhkan. Salah satunya yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP). Dimana melalui KTP versi digital tersebut, masyarakat bisa lebih mudah dalam mengakses semua layanan publik meski tidak membawa kartu fisiknya.

Hanya saja untuk Anda ketahui juga, bahwa untuk melakukan  pembuatan KTP digital tersebut ada beberapa cara yang harus melalui beberapa tahapan.

Lalu bagaimana cara membuat KTP Digital? berikut ini kami berikan cara mudahnya: 

BACA JUGA:Setiap Hari, Rumah Makan Ini Bagikan 500 Porsi Makan Gratis Tanpa Syarat

Pertama Anda wajib download Identitas Kependudukan Digital (IKD) melalui Handphone Android. Sementara itu, untuk pengguna iOS untuk saat ini harus bersabar, sebab Aplikasi tersebut belum tersedia.

Selanjutnya, setelah berhasil di download maka Anda buka aplikasi IKD tersebut dan Isi data diri seperti NIK, e-mail, nomor HP serta beberapa data lainnya hingga lengkap. Setelah itu, Anda tinggal  klik 'verifikasi data' dan lakukan verifikasi wajah.

Setelah proses pendaftaran di HP tersebut selesai, maka selanjutnya Anda harus mendatangi petugas operator di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (dukcapil) setempat. Hal ini perlu dilakukan guna mendapatkan dan melakukan pemindaian (scan) kode QR.

BACA JUGA:Solusi Agar Pinjaman Rp50 Juta KUR BRI 2024 Tanpa Jaminan Cair, Begini Pengajuan dan Dapatkan Bunga 6 Persen

Jika semua proses itu selsai, maka cek e-mail yang didaftarkan untuk mendapat 6 digit PIN guna aktivasi KTP digital yang ada di aplikasi IKD dan selanjutnya Klik 'aktivasi'.

Tahap selanjutnya, masukkan kode aktivasi atau PIN tersebut dan kode captcha di kolom yang tersedia, kemudian klik tombol 'aktifkan'.

Setelah itu, masuk ke aplikasi IKD dengan PIN yang telah diaktivasi. Jika itu slsai maka proses pembuatan KTP Anda digital berhasil.

Sebagai informasi, KTP Digital ini merupakan aplikasi yang memuat 

data kependudukan dan dapat dipakai untuk mengakses berbagai layanan publik. Namun begitu, perlu dicatat bahwa KTP fisik tetap penting. Sebab, tak semua daerah memiliki akses internet yang memadai.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: