Cara Mengetahui Nomor BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak Secara Online, Mudah dan Anti Ribet

Cara Mengetahui Nomor BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak Secara Online, Mudah dan Anti Ribet

Cara Mengetahui Nomor BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak Secara Online--

RADARUTARA.ID - BPJS kesehatan merupakan program pemerintah yang telah diluncurkan dan bermanfaat besar bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah, oleh sebab itulah penting bagi kita untuk mengecek terlebih dahulu apakah kita terdaftar sebagai penerima BPJS atau tidak.

Kita dapat memeriksa status kita apakah terdaftar sebagai penerima BPJS atau tidak bisa dilakukan melalui aplikasi JKN yang dapat kamu unduh melalui Google play store ataupun app store.

Nah supaya tidak bingung berikut ini akan kami sajikan sejumlah cara yang dapat kamu ikuti untuk melakukan pengecekan status di BPJS.

Langkah pertama kamu bisa mengecek keanggotaan kamu melalui aplikasi JKN, kamu bisa mendownload aplikasi tersebut di Google play store ataupun app store.

BACA JUGA:Perolehan Suara Dua Istri Kada di Bengkulu Ini Ungguli Petahana dan Bakal Jadi Wakil Rakyat di Senayan

Setelah mendownload aplikasi langkah pertama bukalah aplikasi tersebut lalu login menggunakan nomor induk kependudukan atau nomor kartu dan Password, Masukkan captcha pada kolom yang disediakan sesuai dengan yang ada pada aplikasi, setelah itu kamu bisa mengklik login dan pilihlah menu peserta pada halaman tersebutlah kamu akan melihat informasi status kepesertaanmu.

Selain itu kamu juga dapat mengecek BPJS melalui  CHIKA, layanan ini dapat kamu lalui dengan berbagai macam cara mulai dari menghubungi media sosial BPJS, telegram, atau bahkan aplikasi WhatsApp. (0811-8750-400).

Untuk mengetahui bagaimana caranya kamu bisa menyimak langkah berikut ini yaitu: Pilih menu cek status peserta kemudian ketik nomor peserta atau NIK, kemudian ketiklah tanggal lahir sesuai dengan format yang diminta, CHIKA akan menampilkan informasi Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS

BACA JUGA:Pemerintah Rubah Mekanisme dan Presentase Penyaluran DD TA 2024, dari 3 Kali Pencairan Jadi Segini!

Selain dua cara di atas kamu juga bisa mengecek BPJS melalui telepon. Kamu dapat melakukan ini dengan menghubungi Care Center 165 selama 24 jam tujuh seminggu.

Untuk caranya sendiri yaitu sebagai berikut: pertama-tama hubungilah BPJS kesehatan dengan Care Center di nomor 165, kemudian pilihlah jenis layanan dengan tekan 1 memilih layanan status kepesertaan, kemudian ketik nomor peserta atau NIK, Ketik tanggal lahir

VIKA akan menyampaikan informasi status keaktifan kepesertaan JKN-KIS

Nah itulah tadi sejumlah cara yang dapat kamu tempuh untuk mengecek status keaktifan kamu sebagai anggota BPJS sekian terima kasih semoga bermanfaat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: