Tak Disangka Ternyata Bengkulu Juga Punya 7 Varietas Durian Unggulan se-Indonesia

Tak Disangka Ternyata Bengkulu Juga Punya 7 Varietas Durian Unggulan se-Indonesia

Tak Disangka Ternyata Bengkulu Juga Punya 7 Varietas Durian Unggulan se-Indonesia--

RADARUTARA.ID - Durian kerap dijuluki sebagai rajanya buah. Karena bentuknya yang sangat khas, berduri dan beraroma menyengat.

Di Indonesia, ada beberapa jenis buah durian unggulan yang populer, seperti durian bawor dari Banyumas, Jawa Tengah, durian tembaga dari Sumatera Selatan, durian merah dari Banyuwangi, Jawa Timur, durian sidodol dari Kalimantan Selatan, dan durian pelangi dari Monokwari, Papua Barat. 

Sebenarnya, setiap wilayah di Indonesia, mempunyai durian lokal unggul yang harus dikembangkan. Salah satunya yaitu durian bentara yang asalnya dari Bengkulu.

Durian bentara adalah singkatan dari Bengkulu Utara, nama sebuah kabupaten di Provinsi Bengkulu tempat durian ini berasal.

BACA JUGA:Hanya Modal Surat Ijin Usaha, KUR BRI Layani Pinjaman Plafon Rp50 Juta Hingga Rp500 Juta, Begini Caranya

Durian ini mempunyai keunggulan, bentuk buahnya bulat seperti telur terbalik, gampang dibelah, aroma harum, dagingnya tebal dengan biji kecil lonjong, berwarna kuning tembaga, serta beradaptasi baik di dataran rendah.

Adapun 7 jenis varientas durian lokal Bengkulu yang layak untuk didaftarkan sebagai durian unggulan nasional.

Tujuh jenis durian tersebut yakni selayang gusti, selayang leles, selayang kunyit, selayang tebal, selayang bulat, selayang goku, serta selayang catok. Karakteristik unggul ketujuh durian ini paling banyak dicari masyarakat.

Di Indonesia sendiri, pohon durian tersebar di seluruh wilayah Jawa dan Sumatera. Sementara di Pulau Kalimantan dan Papua, biasanya terdapat di hutan dan sepanjang aliran sungai.

BACA JUGA:Resep Ramuan Herbal ala dr Zaidul Akbar, Ampuh Atasi Insomnia Hanya Modal Bahan Dapur

Tanaman durian termasuk famili Bombaceae, sebangsa dengan pohon kapuk-kapukan. Sebutan buah durian diduga berasal dari istilah Melayu, yakni dari kata duri dan diberi akhiran -an, sehingga menjadi durian. Kata ini dipakai untuk menyebut buah yang kulitnya berduri tajam.

Tanaman durian berasal dari hutan Sumatera, Kalimantan, dan Malaysia yang berupa tanaman liar dan tersebar luas ke seluruh Asia Tenggara sampai India, Pakistan, hingga Papua Nugini.

Buah durian sudah terkenal di Asia Tenggara sejak abad ke-7 Masehi. Nama lain durian yaitu duren di Jawa, Gayo], duriang di Manado, dulian di Toraja, dan rulen di Seram Timur.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: