Unik dan Patut Dicoba, Kuliner Gurita Ini Hanya Tersedia di Kaur Bengkulu

Unik dan Patut Dicoba, Kuliner Gurita Ini Hanya Tersedia di Kaur Bengkulu

Unik dan Patut Dicoba, Kuliner Gurita Ini Hanya Tersedia di Kaur Bengkulu--

RADARUTARA.ID - Jika kamu berkunjung ke Kaur Bengkulu, jangan lewatkan masakan Khas Kaur yaitu menu gurita. Disini, gurita bisa diolah menjadi beraneka ragam masakan mulai dari Gulai gurita dengan santan kental, sambal, hingga olahan lainnya seperti sate dan asinan gurita dan gurita kering.

Saat memasuki kawasan wisata yang berlokasi kurang lebih sekitar 15 kilometer dari kota Bintuhan ini tampak di sepanjang pinggir jalan banyak sekali kita jumpai gurita kering yang sengaja dijemur oleh warga lokal. Banyak pula warung makanan dengan menu gurita dan warung sate gurita khas Kaur.

Di Desa Linau sendiri, kamu dapat langsung melihat pengolahan gurita untuk dikeringkan atau diasinkan. Selain itu bisa pula menyantap sate gurita sembari menikmati keindahan pantai ditambah halus dan putihnya pasir dengan birunya air laut linau dari pinggir pantai.

BACA JUGA:Dijamin Lebih Murah, Ini Harga Chip Boss Domino Terbaru 2024

Gurita ini memang sengaja di jemur dipinggir jalan, agar gampang dipandang oleh pembeli.

Tidak sulit untuk mengolah gurita, awalnya kamu hanya memerlukan sebilah pisau untuk membelah dan membersihkan gurita.

Lalu gurita dibelah mirip dengan sebuah layangan yang bagian kepala dan badannya diberi penahan sebilah bambu dan tentunya sudah diukur dan dibuat seperti tusukan sate yang digunakan sebagai penahan sisi kiri dan kanan gurita agar gampang dijemur dan dikeringkan.

BACA JUGA:Simak, Ini Amalan yang Bisa Dikerjakan Bagi Wanita Haid di Malam Nisfu Syaban

Untuk mengeringkan gurita ini tidak memerlukan waktu lama, kalau panas seharian pengeringannya cukup tiga hari saja. Setelah itu baru bisa diolah untuk dibuatkan menu makanan.

Selain bisa dijadikan sambal, gurita kering juga bisa dijadikan sayur dengan santan kelapa, tentunya dengan sayuran khas Kaur seperti untuk campuran kacang panjang, terong, pare serta sayuran lain.

Gurita kering ini dijual dengan harga yang bervariasi, sesuai dengan ukuran yaitu mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 100.000 per ekornya.

Tetapi untuk gurita basah atau yang baru bisa satu ekornya dihargai Rp 10.000 sampai Rp 80.000.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: