4 Surat Penyembuh Segala Penyakit yang Tercantum dalam Kitab Suci Al-Quran

4 Surat Penyembuh Segala Penyakit yang Tercantum dalam Kitab Suci Al-Quran

4 Surat Penyembuh Segala Penyakit yang Tercantum dalam Kitab Suci Al-Quran--

RADARUTARA.ID - Sakit adalab musibah yang pernah dirasakan hampir semua makhluk hidup. Menurut ajaran Islam, penyakit dianggap sebagai bentuk ujian yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya.

Ketika mengalaminya, seorang Muslim disarankan untuk berikhtiar, berdoa, serta bersabar. Lalu, doa apa saja yang bisa dibaca saat sakit? Agar mengetahui hal tersebut, simak deretan surat penyembuh penyakit di dalam Al-Quran agar memohon kesembuhan dibawah ini.

Surat-surat di dalam Al-Quran adalab ajaran yang tidak bisa diragukan kebenarannya. Selain menjadi pedoman hidup bagi semua umat manusia, Al-Quran juga dianggap sebagai pelindung dari semua keburukan, terutama penyakit.

BACA JUGA:Awal Ramadhan 2024 Jatuh di Tanggal Berapa? Berikut Keputusan Muhammadiyah, NU dan Pemerintah

Berikut ini beberapa ayat surat dalam Al-Quran yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit seseorang.

1. Surat Al-Fatihah

Al-Fatihah adalah surat pembuka sekaligus induk dari segala isi Al-Quran. Surat ini dipercaya bisa menyembuhkan semua jenis penyakit seperti sabda Rasulullah SAW dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim.

Surat Al-Fatihah juga mempunyai nama lain, yakni As-Syifa yang artinya “penawar dari segala racun”. Orang yang tengah sakit disarankan untuk berdoa meminta kesembuhan, salah satunya dengan memanjatkan surah Al-Fatihah.

2. Surat Al-Ikhlas

Al-Ikhlas adalah salah satu surat dengan makna yang dahsyat, yakni memurnikan ke-Esaan Allah SWT. Surat Al-Ikhlas sangat dianjurkan untuk dibaca sebanyak tiga atau tujuh kali sembari meminta kesembuhan kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Cara Membuat Pempek Kulit ala Pempek Cek Toni Bengkulu, Teraso Iwaknyo!

3. Surat Al Mu’awwidzatain (Al-Falaq dan An-Nas)

Surah Al Mu’awwidzatain merupakan dua surat perlindungan manusia dari segala keburukan dan marabahaya, yakni surat Al-Falaq dan An-Nas. Saat seorang Muslim tengah dalam kondisi sakit, surat ini sangat disarankan untuk dibaca.

Surat Al-Falaq dan An-Nas juga kerap dijadikan sebagai pelindung dari godaan setan, sihir, serta kejahatan yang dilakukan manusia. Dua surat ini digunakan untuk meminta perlindungan sekaligus kesembuhan seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam hadist riwayat Bukhari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: