Tanggal Berapa Malam Nisfu Syaban 2024? Cek Selengkapnya Disini

Tanggal Berapa Malam Nisfu Syaban 2024? Cek Selengkapnya Disini

Tanggal Berapa Malam Nisfu Syaban 2024? Cek Selengkapnya Disini--

RADARUTARA.ID - Tanggal berapa Nisfu Syaban 2024 tiba? Untuk mendapat jawabannya, simak dan pahami terlebih dahulu penjelasan singkat tentang Nisfu Syaban dibawah ini.

1. Pengertian Bulan Syaban

Bulan Syaban adalah 1 dari 12 bulan dalam kalender Islam. Tepatnya terjadi pada urutan bulan kedelapan di antara bulan Rajab dan bulan Ramadan. Menurut catatan sejarah di dalam Al Quran, ada beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan Syaban.

Mulai dari perpindahan arah kiblat umat Islam dari Masjidil Aqsha menuju Masjidil Haram atau Ka'bah (sesuai dalam QS. Al Baqarah: 144). Lalu turunnya ayat Al Quran yang menyarankan untuk membaca shalawat untuk Nabi Muhammad SAW (sesuai dalam QS. Al Ahzab: 56). Dan yang paling utama, berdasarkan sabda Nabi, diangkatnya catatan amal manusia terjadi setiap bulan Syaban tiba. 

BACA JUGA:Wisata Bengkulu: Sungai Batu Rigis, Panorama Indah yang Menyegarkan Mata

2. Kapan Nisfu Syaban 2024?

Nisfu berarti pertengahan. Sehingga Nisfu Syaban artinya pertengahan bulan Syaban. Nisfu Syaban juga terkenal sebagai Laylatul Bara'ah atau Laylatun Nisfe min Sha'ban.

Peringatan malam Nisfu Syaban berlangsung setiap malam pada tanggal 15 Syaban. Dalam kalender masehi, Nisfu Syaban terjadi pada tanggal 24-25 Februari 2024 mendatang.

Malam Nisfu Syaban ini mempungai kekhususan sendiri dibanding malam-malam lainnya pada bulan Syaban. Alangkah baiknya setiap umat muslim menghidupkan malam Nisfu Syaban dengan cara memperbanyak ibadah dan amalan baik di malam ini.

Umat Islam sangat disarakan untuk melakukan amal sholeh dan ibadah sebanyak-banyaknya. Seperti berdoa, berzikir, bersholawat, hingga mengerjakan sholat sunnah di sepertiga malam yang akhir atau qiyamul lail.

BACA JUGA:4 Amalan yang Dianjurkan Rasulullah SAW di Bulan Sya’ban, Puasa Sunnah hingga Perbanyak Alam Shaleh

3. Waktu Pengampunan Dosa

Tidak ada satu orang pun manusia yang luput dari dosa dan kesalahan. Banyak perbuatan dosa yang dilakhka  tanpa disadari atau tidak setiap harinya. 

Walaupun manusia berdosa, Allah SWT selalu membuka pintu pengampunan kepada seluruh hamba-Nya selama tidak melalukan perbuatan syirik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: