Insomnia Melanda? Amalkan Doa Sesuai Anjuran Rasulullah Ini, Agar Segera Terlelap

Insomnia Melanda? Amalkan Doa Sesuai Anjuran Rasulullah Ini, Agar Segera Terlelap

Insomnia Melanda? Amalkan Doa Sesuai Anjuran Rasulullah Ini, Agar Segera Terlelap--

RADARUTARA.ID - Insomnia sering melanda orang dewasa. Penyebabnya dipicu oleh banyak hal diantaranya seperti stres akibat pekerjaan yang menumpuk, lingkungan yang tidak sehat, sakit hati atau mungkin menyimpan dendam, hingga hubungan dengan pasangan, keluarga, ataupun teman yang kurang baik. Untuk dapat mengatasinya, ada beberapa cara, salah satunya disarankan untuk membaca doa.

Bagi umat muslim, berdoa merupakan suatu kebutuhan, karena tidak ada satu pun penolong selain Allah SWT. Terutama berdoa untuk hal yang paling sederhana, contohnya kesulitan tidur.

Untuk mendapat ketenangan sebelum tidur, gelisah hilang, dan insomnia seketika hilang. Disarankan oleh Rasulullah SAW untuk memanjatkan doa. Pada suatu malam Zaid bin Tsabit mendatangi Rasulullah lantaran tak bisa tidur.

BACA JUGA:Gus Mus Ungkap 2 Ciri Wali Allah yang Dimiliki oleh Mbah Maimoen Zubair

Ia pun menceritakan secara detail bagaimana malam itu ia lalui hanya dengan berbaring, terjaga, serta gelisah tak menentu. Tubuhnya memang terlihat diam di atas kasur, tetapi pikiran dan hatinya melayang entah kemana-mana.

Berdasarkan kejadian tersebut, lalu Rasulullah SAW mengajarkan doa untuk menolong masalah Zaid bin Tsabit imi. Ada sebuah doa tidak bisa tidur, yang mempinyai manfaat dan berkah agar bisa tenang ketika malam hari tiba. Doa itu seperti berikut ini:

Allâhumma ghâratin nujûm wa hada’atil ‘uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta’khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, ahdi’ laylî wa anim ‘aynî.

Artinya, “Tuhanku, bintang-bintang telah tenggelam, dan banyak bola mata menjadi tenang, sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Zat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.”

BACA JUGA:Cegah Mimpi Buruk dengan Membaca 4 Doa Ini, Maka Tidurmu Akan Bermimpi Indah

Tentu saja, Zaid langsung mengikuti anjuran Rasulullah, dan memperoleh manfaat dari membaca doa tersebut.

“Alhamdulillah, Allah hilangkan kegelisahan yang aku hadapi menjelang istirahat di tempat tidurku” ucap Zaid.

Doa ini busa dibaca sebelum tidur, ditambah lagi saat mengalami masalah insomnia dan gelisah yang berkepanjangan. Berdoalah dengan keyakinan, niscaya Allah SWT akan mengangkat masalah yang ada di hati dan pikiranmu.

Doa tak bisa tidur yang dijelaskan di atas tercantum dalam salah satu kitab Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, merupakan sebuah kitab yang berisi tentang sahih doa dan zikir.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: