Intip, Tips dan Trik Memasak Rebung khas Bengkulu Agar Tidak Bau

Intip, Tips dan Trik Memasak Rebung khas Bengkulu Agar Tidak Bau

Intip, Tips dan Trik Memasak Rebung khas Bengkulu Agar Tidak Bau--

RADARUTARA.ID - Tahukah kamu? Ternyata rebung itu memiliki segudang manfaat. Namun, tak semua orang bisa mengolah makanan khas Bengkulu ini dengan baik sehingga rebung masih menyisakan bau yang kurang sedap. Jadi, simak artikel dibawah ini untuk mengetahui cara memasak rebung agar tidak bau.

Sebelum rebung dimasak, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengolah rebung supaya tidak bau dan memiliki tekstur yang masih terjaga. Simak tips dan triknya di bawah ini:

1. Pilih Rebung yang Segar

Sebelum direndam, pastikan kamu memilih rebung yang segar dan tidak memiliki bau amis. Disarankan untuk tidam memilih rebung yang sudah terlalu tua atau mempunyai noda coklat di bagian dalamnya.

BACA JUGA:Sensasi Memetik Apel di Sunan Boonapel Rejang Lebong Bengkulu, Hasil Panen Boleh Dibawa Pulang!

2. Potong Rebung menjadi Bagian Kecil

Potong rebung menjadi bagian kecil-kecil, sebesar ukuran ibu jari. Hal ini akan mempermudah proses merendam serta mempercepat penghilangan bau amis di rebung.

 3. Mencuci Rebung dengan Air Dingin

Sebelum rebung diolah, bersihkan terlebih dahulu dengan cara mencucinya menggunakan air dingin. Cuci rebung dengan perlahan supaya tidak merusaknya dan pastikan untuk membersihkan di setiap bagian dari rebung. Sesudah dicuci, keringkan menggunakan dengan lap atau tisu bersih.

BACA JUGA:Talak Cerai Dikirim Lewat Pesan Singkat, Bagaimana Hukumnya? Apakah Sah?

4. Mengolah Rebung dengan Asam Jawa

Asam jawa adalah bahan alami yang bisa menghilangkan bau amis pada rebung. Caranya yaitu tambahkan beberapa tetes air asam jawa ke dalam air rendaman rebung kurang lebih 30 menit sebelum dimasak. Bilas rebung dengan menggunakan air bersih dan keringkan sebelum digunakan.

 5. Menggunakan Air Jeruk Nipis atau Air Lemon

Kamu juga bisa menggunakan air jeruk nipis atau air lemon untuk menghilangkan bau amis di rebung. Caranya cukup campurkan perasan jeruk nipis atau lemon ke dalam air rendaman rebung sekitar 30 menit sebelum dimasak. Bilas dengan menggunakan air bersih dan keringkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: