Patut Ditiru, Begini Cara Rasulullah Mengajarkan Anak-anak Sholat Sejak Dini

Patut Ditiru, Begini Cara Rasulullah Mengajarkan Anak-anak Sholat Sejak Dini

Patut Ditiru, Begini Cara Rasulullah Mengajarkan Anak-anak Sholat Sejak Dini--

RADARUTARA.ID - Rasulullah SAW merupakan teladan terbaik sepanjang zaman. Dan apa yang dilakukan Rasulullah SAW dapat kita teladani. Salah satu yang bisa di teladani yaitu cara Rasulullah SAW mengajari anak-anak salat dan azan.

Adapun cara Rasulullah SAW Mengajari Anak-Anak sholat yaitu akan dijelaskan dibawah ini:

1. Nabi SAW memerintahkan sholat di usia tujuh tahun dan memukul di usia sepuluh tahun

Mengenai mengajarkan anak-anak untuk salat ini tercantum dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ad-Darimi. Berikut ini bunyi haditsnya:

Rasulullah SAW bersabda, “Ajarilah anak kalian salat sejak usia tujuh tahun dan pukullah ia karena meninggalkannya jika sudah berusia sepuluh tahun.”

Berdasarkan hadits di atas kita bisa belajar dari Rasulullah SAW, bahwa anak-anak yang telah berusia tujuh tahun (mumayyiz) maka wajib sudah mulai diperintahkan untuk menunaikan salat. Tentu supaya anak tidak kaget saat usia tujuh tahun sudah diajarkan dan diperintahkan untuk menunaikan salat, maka sedari dini wajib diperkenalkan terlebih dahulu dengan salat.

BACA JUGA:Baca Sebanyak 11 Kali, Sholawat Nariyah untuk Memperlancar Rezeki di Pagi Hari

2. Nabi SAW memerintahkan anak-anak untuk meluruskan shaf salat

Nabi SAW juga memerintahkan supaya anak-anak meluruskan shaf salatnya. Ibnu Mas’ud berkata, “Dahulu Rasulullah mengusap pundak kami sebelum salatnya dan kemudian bersabda, ‘Luruskanlah shaf kalian dan janganlah kalian berselisih sehingga hati kalian pun menjadi berselisih.” (H.R. Muslim).

3. Nabi SAW memerintahkan anak-anak untuk tidak menoleh ketika salat

Rasulullah SAW pun bersabda, “Hal ini merupakan tindakan pencurian yang dilakukan oleh setan terhadap salat seorang hamba.” (H.R. Bukhari).

4. Nabi SAW mengajari anak-anak hal-hal yang dibutuhkan dalam salat

Rasulullah SAW juga mengajari anak-anak doa yang diucapkan ketika salat. Contohnya yaitu doa dalam salat witir yang diajarkan Rasulullah SAW kepada cucunya Al-Hasan.

BACA JUGA:Ini Orang yang Paling Pelit Menurut Pandangan Rasulullah SAW, Siapakah Mereka?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: