Begini Cara Merebus Jengkol ala Warga Bengkulu Agar Empuk dan Enak

Begini Cara Merebus Jengkol ala Warga Bengkulu Agar Empuk dan Enak

Begini Cara Merebus Jengkol ala Warga Bengkulu agar Empuk dan Enak--

RADARUTARA.ID - Jengkol merupakan salah satu bahan makanan yang mempunyai rasa khas dan biasanya disukai di berbagai daerah di Indonesia. Tetapi, Jengkol juga dikenal mempunyai tekstur yang agak keras dan bisa susah dicerna oleh tubuh. Lantas, bagaimana cara merebus Jengkol supaya empuk?

Merebus jengkol supaya empuk merupakan langkah penting dalam mempersiapkan hidangan yang lezat dan gampang dicerna. 

Jengkol mempunyai rasa unik dan khas, namun teksturnya yang keras membuatnya membuuhkan perlakuan khusus supaya empuk dan enak untuk dimakan.

BACA JUGA:Kenapa Mengkonsumsi Kabau khas Bengkulu Bikin Napas dan Kencing Jadi Bau?

Berikut ini merupakan tata cara lengkap untuk merebus jengkol supaya empuk:

1.  Persiapan Awal : Pemilihan jengkol yang baik

Sebaiknya pilih jengkol yang masih segar dan tidak terlalu tua. Jengkol yang masih muda cenderung lebih gampang diolah dan lebih cepat empuk.

Perendaman, Rendam jengkol dengan air bersih sekitar 6-8 jam atau semalaman. Perendaman akan membantu merenggangkan serat-serat keras jengkol dan menjadikannya lebih gampang dimasak.

2. Perebusan : Perebusan pertama

Sesudah direndam, masukkan jengkol ke dalam panci yang diisi dengan air bersih. Rebus dengan air mendidih sekitar 10-15 menit. Tujuan dari perebusan yang pertama ini yaitu untuk mengurangi kadar zat-zat yang bisa menyebabkan perut kembung.

Lalu buang air rebusan pertama dan cuci jengkol menggunakan air bersih. Ini akan membantu menghilangkan bau tak sedap yang biasanya melekat di jengkol.

Isi panci dengan air bersih yang cukup untuk merendam jengkol. Tambahkan sedikit garam ke dalam air agar memberi rasa pada jengkol. Rebus jengkol dengan air mendidih sekitar 30-45 menit atau sampai jengkol benar-benar sudah empuk atau bisa juga ditusuk dengan menggunakan garpu.

Kalau kamu mempunyai panci presto, gunakan alat tersebut agar mempercepat proses perebusan. Dengan tekanan, jengkol akan lebih gampang empuk.

BACA JUGA:Kenapa Mengkonsumsi Kabau khas Bengkulu Bikin Napas dan Kencing Jadi Bau?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: