Waduh! KPU Bengkulu Utara Temukan Ratusan Surat Suara Rusak, Begini Penjelasan Ketua

Waduh! KPU Bengkulu Utara Temukan Ratusan Surat Suara Rusak, Begini Penjelasan Ketua

Ketua KPU Bengkulu Utara, Santoso--

ARGA MAKMUR, RADARUTARA.ID - Setelah melakukan pelipatan dan pensortiran Surat Suara untuk pemilihan DPT serta DPD, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkul Utara menemukan ratusan surat suara yang rusak.

Agar jalannya pemilu 2024 di Kabupaten Bengkulu Utara berjalan lancar, serta masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya, KPU Bengkulu Utara melaporkan temuan tersebut ke KPU Provinsi Bengkulu.

Ketua KPU Bengkulu Utara, Santoso mengatakan kerusakan surat suara tersebut diketahui setelah dilakukan proses sortir dan pelipatan surat suara.

BACA JUGA:Jalan Liku Sembilan Amblas, Pengendara : Kalo Gak Mau Terjebak Macet, Pikir-pikir Lagi Lewat Sini

Dalam pantauannya, surat suara yang ditemukan rusak terdiri dari surat suara untuk DPR Kabupaten 122 lembar, DPR Provinsi 88 lembar, DPR RI 70 lembar dan DPD RI 223 lembar.

"Totalnya ada 503 kertas surat suara yang rusak, terbanyak di kertas surat suara DPD RI sebanyak 223 lembar," ucapnya.

Santoso menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Provinsi agar surat suara yang rusak dapat dikirim kembali gantinya, sehingga kekurangan surat dapat terpenuhi sesuai jumlah mata pilih yang didata oleh KPU Bengkulu Utara.

Menurut Santoso, kerusakan surat suara bervariasi, antara lain akibat terkena ceceran tinta hingga menutupi kolom caleg, potongan yang tidak tepat, sobek dan surat suara yang terbelah menjadi dua bagian.

"Sudah kami laporkan, agar kertas yang rusak tersebut diganti,"bpungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: