Warga RI Kecanduan HP Terparah, Ini Dia 5 Cara Mudah Mengatasinya

Warga RI Kecanduan HP Terparah, Ini Dia 5 Cara Mudah Mengatasinya

Solusi untuk kamu yang kecanduan gadget, dengan melakukan kegiatan lain--

RADARUTARA.ID- Warga negara Indonesia masuk dalam nominasi kecanduan HP paling parah di dunia, dalam hal menghabiskan waktu hanya untuk menatap layar HP.

Berdasarkan rilis Data.AI dalam State of Mobile 2024 yang dilakukan pada tahun 2023, rata-rata warga Indonesia menghabiskan waktu setiap harinya selama 6,05 jam untuk menggunakan perangkat mobile seperti HP dan tablet. 

Lantas apakah, Anda juga merupakan salah satu warga yang kecanduan HP? Jika iya, maka Anda tak perlu khawatir. 

Dikutip dari laman Alodokter, berikut ini adalah tips yang dapat Anda terapkan agar bisa lebih bijak dalam menggunakan gadget.

BACA JUGA:Raih Keutamaannya, Berikut Doa dan Amalan Menyambut Bulan Rajab

1. Hindari penggunaan gadget saat sedang berjalan atau berkendara. 

Saat Anda berjalan atau berkendara maka hindarilah menggunakan gadget, apalagi saat mengoperasikan kendaraan bermotor. Sebab hal ini dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. 

Jika memang kondisinya penting atau mendesak, maka lebih baik tepikan kendaraan dan berhentilah sejenak saat akan menggunakan perangkat gadget.

2. Atur dan batasi waktu penggunaan gadget. 

Upaya mencegah kecanduan gadget berikutnya yaitu, membatasi penggunaan gadget, misalnya memberikan batas waktu maksimal tiga jam sehari. Akan tetapi jika pekerjaan mengharuskan Anda untuk menggunakan gadget, maka cobalah cari aktivitas lain yang tidak mengunakan gadget setelah selesai bekerja.

BACA JUGA:Indonesia Menjadi Negara dengan Kecanduan HP Terparah di Dunia

3. Jangan menggunakan gadget saat sedang bersama orang lain.

Jika bertemu seseorang, maka perbanyaklah untuk melakukan komunikasi secara langsung, sehingga lawan bicara dapat fokus berbincang dengan Anda.

4. Tentukan area bebas gadget.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: