Proses Penetapan APBDes Lambat, Camat Air Besi Akan Panggil Pada Kades

Proses Penetapan APBDes Lambat, Camat Air Besi Akan Panggil Pada Kades

APBDES Ilustrasi--

RADARUTARA.ID - Guna percepatan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2024, pemerintah Kecamatan Air Besi, Kabupaten Bengkulu Utara akan melakukan pemanggilan terhadap para kades di wilayah Kecamatan Air Besi.

Camat Air Besi, Syahru Ramadan menyebut hingga memasuki Minggu ke-dua bulan Januari 2024 ini, hampir seluruh desa di Kecamatan Air Besi belum melaksanakan penetapan APBDes 2024. Oleh karena itu, ia berencana akan melakukan pemanggilan kepada para kades di wilayah kerjanya.

"Rencananya hari Senin, besok. Kami akan memanggil para kades untuk menggelar rapat terkait proses penetapan APBDes," ujarnya kepada Radarutara.id, Jumat (12/1/2023).

BACA JUGA:Putus Karena Banjir dan 3 Kali Diusulkan, Jembatan Gantung di Kualalangi Belum Direspon Pemerintah

Ia mengatakan dalam rapat tersebut, pihaknya berencana untuk melakukan evaluasi progres penempatan APBDes yang telah berlangsung di masing-masing desa. Selain itu, pihaknya juga akan menginvetarisir terkait kendala yang dihadapi desa, yang berdampak dalam lambannya proses penetapan APBDes tersebut.

"Sesuai dengan aturan. Seharusnya penetapan APBDes harus sudah rampung sebelum tanggal 29 Desember 2023. Tapi nyatanya, sampai saat ini belum ada satu desa pun yang berhasil menyelesaikan. Ini artinya ada kendala. Oleh karena itu, melalui rapat nanti kita akan mencarikan jalan solusinya," jelas mantan Sekcam Hulu Palik itu.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh desa agar benar-benar serius dalam proses penatapan APBDes. Pasalnya, APBDes merupakan dasar pelaksanaan pembangunan di desa.

"Kalau penetapan APBDes lambat. Tentu pembangunan desa juga akan terlambat. Sebab, dana desa tak akan cair bila belum ada penetapan APBDes," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: