6 Tokoh Wayang Kulit Paling Sakti di Era Mahabarata

6 Tokoh Wayang Kulit Paling Sakti di Era Mahabarata

Tokoh Wayang di Era Mahabrata paling Sakti Mandraguna--

RADARUTARA.ID- Enam tokoh pewayangan yang paling sakti di era Mahabarata. Siapa saja mereka?

1. Aryo Gunadewa

Aryo Gunadewa adalah wayang karya asli pujangga Jawa, adik dari Raden Sombo atau Wisnu Broto putra dari Prabu Kresno dari kerajaan Dwarawati. 

Aryo Gunadewa adalah tokoh pewayangan yang mampu mengetahui apapun yang belum terjadi. Tetapi ia memilih untuk tidak terlibat di urusan duniawi.

Aryo Gunadewo juga satu-satunya tokoh yang lolos dari kutukan keturunan Yadawa dan di akhir hayatnya Ia muksa di usia yang sudah sangat tua.

BACA JUGA:11 Senjata Sakti Mandraguna dalam Kisah Pewayangan Jawa

2. Raden Sadewa 

Raden Sadewa atau si kembar bungsu adalah putra dari Pandu Dewanata dan Dewi Madrim.

Raden Sadewa disebut juga ahli perbintangan yang mampu mengetahui apapun yang belum terjadi. Tapi Sadewa tidak akan pernah mau menyampaikan secara langsung apapun yang belum terjadi kepada orang lain.

Sebab, apabila saat dia menyampaikan secara langsung hal-hal yang belum terjadi, itu dapat mengakibatkan kepala pecah menjadi dua. Maka dari itu Sadewa menjadi tokoh yang hanya diam dan berbicara seperlunya saja.

3. Prabu Kresna

Ia adalah putra dari Prabu Basudewa dari kerajaan Dwarawati dan juga merupakan salah satu titisan dari Bantoro Wisnu.

Krisna juga memiliki kemampuan untuk mengetahui apapun yang belum terjadi dan sangat berbeda dengan sang Raden Sadewa yang memilih diam.

Krisna sangat kerap menjelaskan dan menuntun apapun yang akan terjadi di kehidupannya. Namun satu yang tidak Kresna ketahui yaitu jalan menuju kematiannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: