Segudang Khasiat Air Rebusan Jahe dan Serai Ternyata Berbahaya untuk 4 Kelompok Ini, Apa Kamu Termasuk?

Segudang Khasiat Air Rebusan Jahe dan Serai Ternyata Berbahaya untuk 4 Kelompok Ini, Apa Kamu Termasuk?

Manfaat air rebusan jahe dan sereh untuk kesehatan--

RADARUTARA.ID - Air rebusan jahe dan serai telah lama digunakan sebagai ramuan herbal untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan. Jahe memiliki manfaat meredakan sakit kepala, masuk angin, dan menjaga sistem pencernaan, sedangkan serai dapat menghangatkan tubuh dan baik untuk sistem pencernaan.

Namun, tidak semua orang dianjurkan untuk mengonsumsi air rebusan jahe dan serai, terutama bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu.

Siapa saja kelompok orang yang harus memperhatikan konsumsi air rebusan jahe dan serai? Berikut adalah empat kelompok yang sebaiknya membatasi atau menghindari minum air rebusan jahe dan serai:

BACA JUGA:Apa Kamu Sudah Mencobanya? Ternyata Ini Rahasia Tersembunyi dari Air Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh

1. Orang yang memiliki masalah pendarahan

Konsumsi air rebusan jahe dan serai yang berlebihan dapat berpotensi menyebabkan pendarahan, terutama jika dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah.

Oleh karena itu, bagi orang yang memiliki masalah pendarahan seperti hemofilia atau sedang menjalani operasi, sebaiknya membatasi atau menghindari minum air rebusan jahe dan serai.

2. Orang yang sedang hamil atau menyusui

Meskipun air rebusan jahe dan serai dapat meredakan gejala mual dan muntah pada wanita hamil, tetap perlu dibatasi karena serai dapat merangsang rahim dan aliran menstruasi, yang dapat menyebabkan keguguran. Selain itu, penelitian pada hewan juga menemukan bahwa serai dapat memengaruhi embrio. Oleh karena itu, wanita hamil dan menyusui sebaiknya menghindari minum air rebusan jahe dan serai.

BACA JUGA:Hapus Kemiskinan Ekstrim, Pemerintah Akan Bagikan 5 Bansos Ini Mulai awal tahun 2024

3. Orang yang memiliki masalah ginjal

Jahe dan serai memiliki sifat diuretik yang dapat meningkatkan produksi urine. Hal ini dapat menyebabkan ginjal bekerja lebih keras dan memperburuk kondisi orang yang memiliki masalah ginjal. Oleh karena itu, bagi orang dengan masalah ginjal, sebaiknya membatasi atau menghindari minum air rebusan jahe dan serai.

4. Orang yang memiliki tekanan darah rendah

Jahe dan serai dapat meningkatkan aliran darah dan memperlancar sirkulasi tubuh, yang baik bagi orang dengan tekanan darah tinggi. Namun, bagi orang dengan tekanan darah rendah, minum air rebusan jahe dan serai dapat menyebabkan tekanan darah semakin turun dan berpotensi membuat pingsan. Oleh karena itu, sebaiknya mereka membatasi konsumsi air rebusan jahe dan serai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: